Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Uji Coba Taxi Drone Pertama di Indonesia, 8 Motor Mampu Angkat Bodi

Kompas.com - 08/03/2020, 10:42 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Detik-detik "taxi drone" pertama Indonesia Frogs Indonesia berhasil melayang di udara menjadi momen penting bagi Chief Technology Official (CTO) Dedi Satria Maulana.

Dedi mengatakan, dalam uji coba tersebut, delapan mesin drone terbukti bisa bekerja untuk mengangkat bodi drone meski dalam ketinggian rendah. 

Namun demikian, dirinya juga menemukan sejumlah masalah dan akan segera melakukan perbaikan saat uji coba di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: Taxi Drone Pertama di Indonesia Diuji Coba, Mampu Terbang Rendah Gunakan 8 Mesin

Salah satunya, limit motornya dirasa perlu dinaikkan karena mengingat di lokasi kemungkinan karena dingin dan agak lembab udaranya, massa jenis udara agak berat.

"Ada beberapa parameter masukkan, yang penting semua motornya berfungsi. Dan motornya cukup kuat untuk mengangkat wahana beberapa sentimeter di atas tanah," ucap Dedi.

Berhasil terbang dengan ketinggian rendah

Frogs 282 Drone Taxi Pertama di Indonesia Uji Terbang di Lanud Gading, Playen, Gunungkidul Sabtu (7/3/2020)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Frogs 282 Drone Taxi Pertama di Indonesia Uji Terbang di Lanud Gading, Playen, Gunungkidul Sabtu (7/3/2020)

Menurut Asro Nasiri, Co Founder Frogs Indonesia, drone yang diberi nama Frogs 282 itu mampu mengangkut dua penumpang dengan berat 200 kg.

Drone itu terbang dibantu empat baling-baling dan delapan mesin. Asro menjelaskan, riset awal dimulai sejak 2017.

"Namanya itu Frogs 282, yang berarti dua penumpang dengan delapan mesin, dan merupakan generasi kedua," kata Asro saat ditemui di Lanud Gading, Sabtu.

Adapun untuk uji coba, drone memang diterbangkan tidak terlalu tinggi.

"Uji coba memang tidak boleh tinggi ya, karena harus melewati beberapa proses," kata Asro menambahkan.

(Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor: David Oliver Purba)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com