Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Kasus Petani Tewas di Kolam Lele dengan Satu Mata Hilang Terungkap, Ini Penyebab Kematiannya

Kompas.com - 10/02/2020, 12:31 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Misteri kasus penemuan mayat pria bernama Sopyan alias Pian (55), asal Kampung Cibuyut Kelurahan Karanganyar Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya mengambang di kolam ikan lele akhirnya terungkap.

Satua Reserse Kriminal Polres Tasikmalaya menyebut sesuai hasil penyelidikan penyebab kematian korban akibat penyakit asma yang dideritanya.

"Untuk kasus temu mayat pria di kolam ikan itu tidak ditemukan tindak indikasi pidana. Sesuai hasil penyelidikan kami dan keterangan saksi mata serta keluarga korban di lapangan diketahui meninggal karena penyakit asma yang dideritanya," jelas Kepala Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Dadang Sudiantoro kepada wartawan di kantornya, Senin (10/2/2020).

Dadang menambahkan, sesuai keterangan keluarganya korban selama ini menderita penyakit asma dan sering kejang-kejang semasa hidupnya.

Saat kejang-kejang, korban selalu mengaku mengepalkan tangannya dan menggigit giginya.

Baca juga: Pelipis Mata Petani Tasikmalaya yang Tewas di Kolam Lele Sobek, Jenazah Mengambang 3 Jam Sebelum Ditemukan

Sakit asma

Ciri-ciri itu pun ditemukan pada mayat korban saat ditemukan dan hasil visum yang telah dilakukan oleh dokter di RSUD dr Sokardjo Kota Tasikmalaya.

"Saat di TKP ciri-ciri mayat sesuai dengan ciri-ciri penyakit korban. Tangan jenazah mengepal untuk menahan sakitnya itu. Terkait barang-barang korban yang ditemukan diperkirakan perkakas kerja korban. Selama ini bekerja sebagai buruh tani serabutan," tambah Dadang.

Selama masa hidupnya pun korban sering berdiam sendiri di saung sawah untuk menerima panggilan kerja sebagai buruh tani oleh para pemilik lahan sawah.

Adapun lokasi temuan mayat korban di kolam ikan yang di belakangnya hamparan sawah pertanian milik warga.

"Anak dan istrinya pun sudah mengetahui kalau selama ini korban sering kejang-kejang akibat penyakit asma itu. Kini, korban sudah membawa mayatnya untuk dimakamkan," pungkasnya.

Baca juga: Petani Tasikmalaya Ditemukan Tewas di Kolam Lele, Mata Kanan Hilang, Lebam di Sekujur Tubuh

Bikin heboh warga

Diberitakan sebelumnya, Warga Tasikmalaya kembali dihebohkan dengan penemuan mayat pria di sebuah ikan lele di Kampung Cibuyut, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Sabtu (8/2/2020) malam tadi.

Setelah sepekan lalu, warga Tasikmalaya digegerkan penemuan mayat Delis Sulistina (13), siswi SMPN 6 Tasikmalaya yang ditemukan tewas di gorong-gorong depan sekolahnya.

Saat ditemukan mata sebelah kanan jenazah pria itu bolong dan sedang dimakan oleh kerumunan ikan lele yang diatasnya kandang ayam serta dibagian tubuhnya terlihat luka-luka lebam.

Kali pertama ditemukan mayat pria itu oleh seorang warga setempat yang sedang melintas di pinggir empang itu untuk mengecek saluran air sawahnya.

Lokasi penemuan mayat itu pun berada di pinggir jalan yang di sekitarnya hamparan sawah dan beberapa empang ikan milik warga. 

Baca juga: Malu Hamil di Luar Nikah, Perempuan Ini Tenggelamkan Bayinya di Kolam Lele

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com