Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Aksi Terorisme, Polisi Sterilisasi Sejumlah Gereja di Denpasar

Kompas.com - 24/12/2019, 15:52 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Bayu Galih

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Polres Kota Denpasar bersama tim Unit Penjinak Bom Polda Bali mensterilkan sejumlah gereja di Kota Denpasar pada Selasa (24/12/2019).

Kepala Bagian Operasi Polresta Denpasar, Kompol Nyoman Gatra mengatakan sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi aksi terorisme.

Selain itu, pengamanan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan misa Natal.

"Ya, Protap dalam pengamanan memang harus sterilisasi meyakinkan bahwa situasi di lokasi tersebut benar-benar aman. Jadi umat bisa aman dan nyaman," kata Gatra, Selasa (24/12/2019).

Baca juga: Jelang Malam Natal, Petugas Gabungan Periksa Keamanan Gereja Katolik Santo Barnabas Pamulang

Sterilisasi dilakukan menggunakan alat metal detektor, cermin, hingga anjing pendeteksi atau K-9.

Seperti yang terlihat saat polisi mengamankan Gereja Katolik Roh Kudus Katedral, Renon, Denpasar, Bali. Petugas kepolisian mulai datang pukul 15.00 Wita.

Polisi memeriksa tiap sudut dan ruangan gereja. Benda-benda lainnya juga diperiksa seperti pot bunga dan aksesoris lainnya. Polisi tak menemukan barang yang mencurigakan.

Gatra mengatakan, pihaknya juga menyiapkan petugas di tiap-tiap gereja di Denpasar. Junlahnya bervariasi mulai dari 10 hingga 15 petugas tergantunh besar dan kecilnya gereja.

Adapun untuk pengamanan Natal 2019, total petugas Kepolisian dari Polresta Denpasar yang disiagakan mencapai 1.117 personel.

Sementara jumlah gereja yang ada di Denpasar jumlahnya 120 gereja.

Dari jumlah tersebut 10 gerjea besar yang dapat pengamanan tambahan adalah Gereja Lembah Pujian Jalan Antasura, Denpasar Barat, Gereja Maranatha Jalan Surapati, Denpasar Timur, Gereja Katedral Jalan Tukad Musi, Denpasar Timur,

Kemudian, Gereja Fransiskus Xaverius Jalan Dewi Sartika, Kuta, Gereja Eklesia Jalan Raya Tuban, Kuta, Gereja Gembala Yang Baik Jalan Sari Dana, Denpasar Utara, Gereja Santo Petrus Jalan Gunung Batok, Denpasar Barat, Gereja Bukit Doa atau Puja Mandala Jalan Darmawangsa, Kuta, dan Gereja Hurio Batak Protestan Jalan Pulau Belitung, Denpasar Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com