Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Median Sebut Dirinya Bukan yang Terpopuler, Gibran: "Ndak" Apa-apa

Kompas.com - 17/12/2019, 12:23 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menanggapi santai hasil survei Media Survei Nasional (Median) yang menunjukkan dirinya masih di bawah bakal calon wali kota yang ditugaskan DPC PDI-P Surakarta, Achmad Purnomo.

Dari survei tersebut Purnomo berada di posisi puncak dengan raihan 94,5 persen. Sedangkan Gibran berada di urutan kedua dengan dipilih sebanyak 82,3 persen.

"Iya ndak apa-apa. Kan masih awal banget," kata Gibran dengan didampingi sang istri, Selvi Ananda seusai mengambil hasil rapor anak pertamanya, Jan Ethes Srinarendra di Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/12/2019).

Baca juga: Survei Median Sebut Gibran Tak Populer di Pilkada Solo, Ini Respons Puan

Gibran mengatakan, dirinya akan terus bekerja keras untuk meningkatkan elektabilitas agar melesat dari rivalnya yang sama-sama berebut rekomendasi dari DPP PDI-P.

"Saya harus lebih kerja keras lagi. Ndak apa-apa," ujar Gibran.

"Karena baru mulai, baru daftar. Ndak apa-apa. Modalnya udah lumayanlah," katanya.

Gibran menyatakan, dirinya memiliki survei internal untuk mengukur elektabilitasnya. Setiap bulan, katanya, hasilnya bisa diketahui.

Dari hasil survei internal tersebut, jelas Gibran, hasilnya jauh berbeda dengan survei yang dilakukan Median.

"Agar berbeda (hasilnya)," cetus Gibran.

Sebelumnya diberitakan, Media Survei Nasional (Median) menggelar survei publik tentang popularitas sosok dalam kontestasi Pilkada Solo 2020 mendatang.

Nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang telah mendaftarkan diri maju dalam Pilkada Solo rupanya tidak berada pada posisi puncak.

"Ada lima tokoh yang meraih persentase tertinggi dari tingkat pengenalan. Pertama itu Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo, dengan raihan 94,5 persen," papar Direktur Eksekutif Median Rico Marbun dalam pemaparan hasil survei di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Baca juga: Survei Median: Pemilih PDI-P di Solo Terbelah, Elektabilitas Gibran di Bawah Petahana

Nama Gibran berada di urutan kedua dengan dipilih sebanyak 82,3 persen. Nama ketiga, yakni Teguh Prakoso yakni sebesar 50 persen

Nama Teguh mengemuka karena oleh DPC PDI-P Solo diajukan sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Solo mendampingi Achmad Purnomo.

Kemudian, nama keempat yang meraih persentase tinggi, yakni anggota DPRD Kota Solo Dinar Retna Indrasari, sebesar 41,9 persen. Dinar diketahui merupakan politikus PDI-P.

Kelima, yakni Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara atau Paundrakarna. Paundrakarna yang merupakan cucu Presiden Soekarno dan kerabat Mangkunegaran Solo itu meraih 40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com