Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Kuat Gerindra Usung Denny Indrayana di Pilkada Kalsel 2020

Kompas.com - 31/10/2019, 20:55 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Gerindra Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Abidin memberi sinyal kuat akan mengusung Denny Indrayana sebagai calon gubernur pada Pilkada Kalsel 2020.

Peryataan tersebut dilontarkan Abidin usai melakukan pertemuan tertutup dengan Denny Indrayana di Sekretariat Partai Gerindra Kalsel, Kamis (31/10/2019) sore.

"Untuk diketahui, bahwa sore ini Denny Indrayana sudah resmi, bukan hanya mengambil formulir, tapi akan di usung oleh Partai Gerindra Kalsel," tegas Abidin kepada awak media.

Abidin mengaku, sebelum Denny mengambil formulir bakal calon di partainya, dirinya sudah jauh-jauh hari berkomunikasi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terkait pencalonan Denny pada Pilkada Kalsel 2020.

Baca juga: Mendaftar di Gerindra, Denny Indrayana Yakin Diusung Sebagai Calon Gubernur Kalsel

Menurut Abidin, Gerindra mengapresiasi keinginan Denny yang serius mengendarai Partai Gerindra.

"Saya sudah sampaikan kepada pak Prabowo Subianto bahwa Denny merapat ke Gerindra, sejauh ini Denny yang paling berharap dan serius," jelas Abidin.

Pertemuan tertutup antara Denny dan Abidin yang berlangsung hampir 3 jam tersebut juga disepakati Gerindra maupun Denny akan bersama-sama membentuk koalisi lintas partai.

Tetapi, jika nantinya Denny tidak mendapatkan partai untuk berkoalisi dengan Gerindra, maka Gerindra akan bersedia mencarikan partai untuk mencukupi 11 kursi seperti yang disyaratkan.

Baca juga: Diwakili Relawan, Denny Indrayana Ambil Formulir Bakal Calon Gubernur di PKS Kalsel

"Jadi kalau Denny artinya tidak kesampaian mendapatkan partai dukungan untuk tambahan, Gerindra Insya Allah akan mencarikan," terang Abidin diikuti riuh tepuk tangan pengurus Partai Gerindra dan relawan Denny.

Namun, walaupun Gerindra Kalsel memberi sinyal kuat untuk mengusung Denny, Abidin tetap menunggu sepenuhnya keputusan dari Gerindra Pusat.

Untuk diketahui, Gerindra Kalsel memiliki 8 kursi di DPRD Kalsel.

Untuk mengusung calon gubernur, Gerindra Kalsel harus berkoalisi dengan partai yang setidaknya memiliki 3 kursi di DPRD Kalsel agar 11 kursi sebagai syarat terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com