Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jaga Sekolah-sekolah di Bogor Jelang Pelantikan Presiden

Kompas.com - 16/10/2019, 22:27 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor (Polres Bogor) akan melakukan pengamanan di sejumlah objek seperti sekolah dan perguruan tinggi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal itu dilakukan supaya jelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang, semua pihak termasuk pelajar tidak terbujuk ajakan unjuk rasa seperti yang terjadi belum lama ini.

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan pengamanan di sekolah.

"Iya (termasuk sekolah) kita koordinasi karena ada KCD dari dinas provinsi dan kabupaten, agar (siswa) tidak mengikuti ajakan-ajakan liar yang tidak jelas peruntukannya dan memang bukan untuk siswa. Siswa sendiri tugasnya ya belajar," terangnya.

Baca juga: Jelang Pelantikan Presiden, Polresta Surakarta Terjunkan 700 Personel

Joni enggan menyebut lebih rinci jumlah personel yang akan disiagakan di sekolah. Yang jelas, kata dia, nantinya polisi juga akan menyisir sejumlah objek tertentu seperti jalan tol yang ada di wilayah hukum Polres Bogor.

"Yang jelas jumlahnya gabungan TNI-polisi, termasuk seluruh elemen, baik itu Satpol PP, Muspika dari wilayah masing-masing," katanya usai pertemuan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor di Ruang Rapat Bupati Bogor, Cibinong, Rabu (16/10/2019).

Dari pertemuan itu, lanjut dia, polisi sepakat dan meminta semua pihak menahan diri dan tidak terpancing berita bohong yang tersebar di media sosial seperti pesan berantai ajakan unjuk rasa di WhatsApp.

Menurutnya, terhitung sejak hari ini semua kegiatan harus disesuaikan dengan persiapan pelantikan presiden hingga hari pelantikannya.

Ia menilai, tak elok rasanya jika pada saat persiapan dan pelantikan ada aksi unjuk rasa karena akan membuat situasi di Bogor tidak aman.

"Rasanya tidak elok kalau (diisi) unjuk rasanya mengajukan tentang RUU KUHP atau UU KPK tentunya hari-hari lain juga ada, ini yang kita imbau ke seluruh masyarakat," katanya.

Sebab, kata dia, ketika ada unjuk rasa yang dikhawatirkan adalah muncul oknum tertentu memanfaatkan situasi.

Baca juga: Masyarakat Diajak Sambut Pelantikan Presiden dengan Riang Gembira

 

Terlebih, pelantikan presiden di Jakarta akan dihadiri seluruh tamu-tamu negara. Tentunya, polisi harus menjaga agar pelaksanaan pelantikan berlangsung aman dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com