Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Tunjuk Oleh Soleh Jadi Pimpinan di DPRD Jabar

Kompas.com - 09/09/2019, 16:09 WIB
Putra Prima Perdana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipastikan mendapat 12 kursi di DPRD Jawa Barat. Dengan perolehan tersebut, PKB berhak untuk menunjuk salah satu kadernya sebagai wakil ketua DPRD.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB telah mengeluarkan keputusan resmi dengan menunjuk Oleh Soleh sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat.

Selain itu, Sidkon Djampi juga dimandatkan menjadi Ketua Fraksi PKB di DPRD Jawa Barat periode 2019-2024.

Penunjukkan keduanya berdasarkan surat keputusan nomor 30118/DPP_03/VI/A.1/VII/2019.

"Benar, kami sudah menerima surat resmi dari DPP isinya menetapkan Oleh Soleh menjadi wakil Pimpinan DPRD, dan kami DPW PKB menetapkan Sidkon Djampi menjadi ketua fraksi PKB," ujar Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, di Jalan Ahamd Dahlan, Kota Bandung, Senin (9/9/2019).

Baca juga: Kisah Anggota DPRD Jabar Berusia 22 Tahun, Modal Patungan hingga Stigma Partai Orang Tua

Huda menambahkan, PKB memberikan mandat kepada Oleh Soleh dan Sidkon Djampi agar bisa vokal untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dan berani memberikan saran serta kritik kepada Pemerintah Provinsi Jabar.

"Wakil pimpinan dan fraksi PKB DPRD 2019-2024, serta anggota DPRD lainnya saya minta bekerja dalam visi dan misi politik keumatan dan kerakyatan yang telah ditetapkan partai," papar Huda.

Huda yang juga terpilih sebagai anggota DPR RI Periode 2019-2024 ini mengatakan, ada lima tugas berat yang ditanggung wakil ketua DPRD dan ketua fraksi PKB di DPRD Jawa Barat.

Lima tugas keumataan dan kerakyatan tersebut antara lain, fraksi dalam setiap sikap, pandangan dan solusi politiknya harus mendasarkan pada kemaslahatan umat yang tertuang dalam hasanah fikrah kaidah fiqhiyah.

"Kedua, fraksi menjadi juru bicara partai dalam semua persoalan umat dan rakyat. Ketiga, fraksi menjadi pusat mengadu dan melayani rakyat," kata Huda.

Keempat, fraksi harus kritis dan produktif. Kelima, fraksi menjadi laboratorium politik agar menimbulkan sinergitas antara rakyat, partai dan pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah.

Sementara itu, Oleh Soleh mengaku sangat bersyukur dengan kepercayaan yang dimandatkan PKB kepadanya sebagai Wakil Ketua DPRD.

"Sesuai dengan tugas yang amat berat Ini, insya Allah saya dan empat pimpinan lainya akan membawa parlemen Jabar ke arah lebih baik, serta melanjutkan hal yang sudah baik. Kita juga akan melakukan kolaborasi dengan eksekutif," kata dia.

Selain itu, Oleh mengatakan, fraksi PKB akan memaksimalkan fungsi dan kewenanganya untuk mengarahkan anggaran bagi rakyat, peningkatan IPM, pemerataan pembangunan,  penguatan kemajuan desa dan mendorong kemajuan lembaga-lembaga keagamaan.

"Saya akan mendorong lembaga untuk memaksimalkan fungsi dan kewenangannya seperti hak bertanya kepada eksekutif jika ada kebijakan yang menyimpang," kata Oleh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com