Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.555 Wisatawan Asing Padati Pelabuhan Internasional Ferry di Batam

Kompas.com - 11/08/2019, 15:55 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre, terus dipadati penumpang sejak Jumat (9/8/2019) hingga hari ini, Minggu (11/8/2019).

Penumpang tersebut baik yang hendak meninggalkan Batam, maupun yang masuk ke Batam.

Pantauan Kompas.com, antrean panjang terlihat mulai dari lantai dasar pelabuhan Ferry hingga di lokasi penjualan tiket dan ruang keberangkatan Ferry tujuan Singapura dan Malaysia.

Meski berdesak-desakan, namun aktivitas keberangkatan di pelabuhan tersebut berjalan aman dan tertib.

Manager Operasional PT Synergy Tharada yang merupakan pengelola pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre Nika Astaga mengatakan, saat ini warga Singapura sedang libur perayaan hari kemerdekaan.

Sementara, Malaysia dan Indonesia sedang libur perayaan Idul Adha.

Baca juga: Wisatawan Singapura Ramaikan Pawai Takbir Idul Adha di Batam

"Untuk arus puncak ini, kami mencatat sedikitnya ada 11.555 penumpang memadati pelabuhan dan data itu hingga pukul 09.00 WIB," kata Nika, Minggu (11/8/2019).

Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre sejak pukul 14.55 WIB, Jumat (9/8/2019) hingga hari ini, Minggu (11/8/2019) terus dipadati penumpang. Baik itu penumpang yang hendak meninggalkan Batam maupun yang masuk ke Batam.HADI MAULANA Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre sejak pukul 14.55 WIB, Jumat (9/8/2019) hingga hari ini, Minggu (11/8/2019) terus dipadati penumpang. Baik itu penumpang yang hendak meninggalkan Batam maupun yang masuk ke Batam.
Nika memprediksi kepadatan ini akan terus bertambah hingga ,Minggu sore. Sebab, wisatawan yang berlibur ke Batam ada sebagian yang pulang ke negara asalnya.

Kenaikan jumlah penumpang dibandingkan hari-hari biasa mencapai 250 persen. Sebab, pada hari biasa, jumlah penumpang hanya berkisar 4.000 hingga 5.000 penumpang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki, jumlah wisatwan yang datang ke Batam, diperkirakan di atas 10.000 orang.

Angka ini berdasarkan laporan sejumlah agen perjalanan yang melayani sejumlah wisatawan asal Singapura dan Malaysia.

"Diperkirakan segitu, tapi bisa saja lebih," kata Ardi.

Ardi mengatakan, momen libur seperti ini memang sering dimanfaatkan wisatawan asal Singapura dan Malaysia untuk berkunjung ke Batam.

Selain karena mereka memiliki keluarga, menurut Ardi, Batam merupakan kota yang pas untuk melepas lelah selama liburan.

"Lagi pula jarak Batam ke Singapura atau Malaysia tidak terlalu jauh. Bahkan untuk pulang haripun bisa," pungkas Ardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com