Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Malam, Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku Tengah

Kompas.com - 10/08/2019, 20:36 WIB
Rahmat Rahman Patty,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,1 mengguncang Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (10/8/2019) sekira pukul 21.01 WIT.

Berdasarkan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, episentrum gempa berlokasi pada 5.51 Lintang Selatan dan 129.64 Bujur Timur.

Gempa tersebut berjarak 113 km Selatan Banda-Maluku Tengah dan 226 km Tenggara Nusalaut, Maluku Tengah, dengan kedalaman 10 km dibawa permukaan laut.

Hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut. Namun, BMKG memastikan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Hanya berselang 25 menit, sebuah gempa berkekuatan 4,7 magnitudo juga mengguncang wilayah Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Baca juga: Gunung Slamet Berstatus Waspada, Tercatat 51.511 Gempa Hembusan

Gempa tersebut berpusat pada 6.55 Lintang Selatan dan 130.08 Bujur Timur atau berjarak 137 km Timurlaut Tepa-MBD dan 193 km Barat Larat-Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 205 km di bawah permukaan laut.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Sitaro, Sulawesi Utara

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, hingga kerap memicu terjadinya gempa di wilayah Maluku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com