Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Wilayah di Malang Diguyur Hujan Abu Tipis Pasca-erupsi Gunung Bromo

Kompas.com - 20/07/2019, 14:23 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Gunung Bromo di Jawa Timur erupsi pada hari Jumat, (19/7/2019) sore. Akibatnya, hujan abu pasca-erupsi tersebut mengguyur dua wilayah di Kabupaten Malang.

Berdasar pantauan dari Tagana Kabupaten Malang, abu vulkanik Gunung Bromo menimpa Desa Gubuklakah dan Dusun Drigu Poncokusumo. Namun volume abu dilaporkan masih tipis. 

"Berdasarkan laporan awal ada hujan abu di Desa Gubuklakah, dan Dusun Drigu Poncokusumo," kata Ali Usman, Humas Taruna Siaga bencana (Tagana) Kabupaten Malang, seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Banjir Disertai Batu dan Pasir di Gunung Bromo Tak Terkait Erupsi

Seperti diketahui, Desa Gubuklakah terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, yang kurang lebih berjarak kurang lebih 14,4 kilometer.

Sementara itu, Dusun Drigu Desa Poncokusumo Kabupaten Malang, memiliki jarak kurang lebih 20 kilometer.

Erupsi Gunung Bromo pada hari Jumat sore itu terjadi selama kurang lebih tujuh menit 14 detik. Erupsi tersebut terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 37 milimeter.

Sementara itu, warga di Gunung Bromo dilarang untuk mendekat dengan radius satu kilometer dari kawah. Saat ini status Gunung Bromo berada pada Level II (Waspada)

Artikel ini telah tayang di Antara dengan judul: Abu vulkanik Gunung Bromo mengarah ke Kabupaten Malang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com