Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Server" Sering "Down", Panitia PPDB Online Terpaksa Kumpulkan Berkas Pendaftar

Kompas.com - 27/06/2019, 16:42 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 2 Kota Palopo kerap terganggu karena server down.

Kepala SMK Negeri 2 Palopo Nobertinus mengatakan, pelaksanan PPDB secara online pada hari pertama berjalan mulus.

Namun, pada hari ketiga, server mengalami down selama berjam-jam sehingga pendaftar harus menunggu lama. Hari keempat pun masih kerap mengalami hal yang sama.

Baca juga: DPRD Jabar Temukan Kecurangan dalam PPDB 2019

“Karena banyak pendaftar sehingga server sering mengalami down, kalaupun normal yang menjadi masalah tidak muncul jumlah pendaftar. Padahal, waktu hari pertama muncul tertera di monitor jumlah pendaftar, jumlah yang sudah memverifikasi, tapi sekarang kami tidak tahu berapa yang sudah mendaftar dan memverifikasi karena hilang di monitor,” kata Nobertinus saat ditemui di SMK Negeri 2 Kota Palopo, Kamis (27/6/2019).

Mengantisipasi kendala yang dialami, pihaknya mengambil langkah dengan cara mengumpulkan berkas pendaftar lalu mendaftarkan saat server normal sesuai data pendaftar.

“Langkah yang kami lakukan dengan cara mengumpulkan berkasnya dari orangtua atau pendaftar agar mereka tidak rugi datang. Jadi kami daftarkan sesuai data yang ada di dalam berkas atau map. Setelah itu, keesokan harinya kami panggil satu persatu orangtuanya atau yang bersangkutan untuk diberikan bukti verifikasinya,” ucapnya.

Baca juga: PPDB Online, Banyak Siswa Belum Paham Input Data

Selain itu kata Nobertinus, orang tua atau siswa yang datang mendaftar juga diwawancarai tentang alasan memilih jurusan.

“Agar mereka tidak salah memilih jurusan, orang tua atau siswa yang mendaftar kami wawancarai tentang kemauan anak memilih jurusan, dan menyampaikan tentang aturan-aturan sekolah yang diterapkan dan semuanya mereka langsung menandatangani berkasnya,” ujarnya.

Di SMK Negeri 2 Kota Palopo, kuota penerimaan siswa baru tahun 2019 mencapai 700 orang dengan jumlah 20 rombongan belajar alias rombel dari 12 kompetensi keahlian. Jurusan yang terbanyak diminati siswa saat ini yakni jurusan otomotif bidang keahlian kendaraan ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com