Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem di Perairan Kepri, Armada Pengakut Arus Mudik Lebaran Diminta Selalu Waspada

Kompas.com - 27/05/2019, 10:29 WIB
Hadi Maulana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), memperingatkan warga Kepri dan pelaku jasa laut yang membawa penumpang arus mudik Lebaran untuk selalu berhati-hati selama tiga hari ke depan.

Sebab, cuaca di wilayah Kepri sedang tidak bersahabat. Selain berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat, juga bakal disertai dengan petir dan angin kencang.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim Batam, Suratman mengatakan, peringatan dini cuaca wilayah Kepulauan Riau dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap adanya penumpukan massa udara di wilayah Kepri akibat terdapatnya daerah pumpunan angin (konvergensi) yanh cukup mendukung untuk pertumbuhan awan-awan.

Baca juga: Bibit Siklon Tropis Muncul di Laut Banda, Sejumlah Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem

Tentunya hal ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Secara umum kondisi cuaca tiga hari ke depan diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Untuk itu kami minta agar masyarakat Kepri selalu waspada dan berhati-hati," kata Suratman, melalui pesan singkat, Senin (27/5/2019).

Tak hanya itu, berdasarkan pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) jarak pandang di laut juga berkurang menjadi 9 km dengan tiupan angin 1-15 knot dari tenggara ke barat daya.

Namun, untuk tinggi gelombang berdasarkan pantauan satelit forecaster secara keseluruhan terbilang normal.

Hanya saja, di perairan Lingga, Anambas dan Natuna yang perlu diwaspadai, karena tinggi gelombang bisa mencapai 1,30 meteran, bahkan bisa lebih.

Tidak saja di Batam, Hujan Lebat yang disertai angin kencang dan petir dapat meluas ke Kecamatan Karimun, Buru, Belat, Kundur Utara, Ungar, Durai, Lingga, Singkep Barat dan sekitarnya.

Baca juga: Waspada, Angin Kencang Selama 3 Hari Sebabkan Gelombang Tinggi di Perairan NTT

Kemudian wilayah Teluk Sebong, Tebing, Kundur Barat, Kundur, Meral, Senayang, Selayar, Singkep, Sigkep Pesisir dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan berlangsung dari pukul 13.30 WIB hingga sore nanti, Senin (27/5/2019)," ujar dia.

Untuk itu, tambah Suratman dirinya berharap agar masyarakat Kepri selalu waspada, terutama pengguna jasa laut yang sedang mengangkut penumpang arus mudik dari Pulau Batam kesejumlah daerah dan provinsi lain seperti Riau dan Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com