Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, 1 Perusahaan Ekspedisi Bisa Kirim 20.000 Paket Per Hari

Kompas.com - 23/05/2019, 20:16 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Memasuki Ramadhan dan menjelang Idhul Fitri 1440 Hijriah, pengiriman paket semakin melonjak. Hal ini didukung makin pesatnya e-commerce.

Kepala Cabang JNE Kabupaten Karawang, Andre Nurdjianto mengatakan, menjelang mudik, jasa pengiriman mengalami peningkatan hingga 40 persen. Pengiriman terbanyak ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Setiap hari mencapai 20.000 kiriman. Sedangkan kalau secara nasional bisa mencapai 1 juta kiriman setiap harinya," kata Andre kepada Kompas.com, Kamis (23/5/2019).

Andre mengungkapkan, paket kiriman yang mengalami peningkatan adalah berupa pakaian (fashion), makanan, elektronik, hingga sepeda motor.

Baca juga: Ini 3 Lokasi Kantong Parkir Wisatawan di Yogyakarta Saat Libur Lebaran

 

Sejumlah pengiriman barang lain juga mengalami peningkatan. Bahkan, di Jawa Barat, jumlah pengiriman JNE diprediksi meningkat sebesar 20-30 persen, terutama di wilayah Bandung, Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, Purwakarta, dan Karawang.

Di Karawang sendiri, kata dia, terdapat layanan JTR atau JNE Trucking yang melayani pengiraman berat minimum 10 kilogram. Setiap hari, layanan ini mengirimkan sekitar 1.800 paket.

"Kalau mau mudik ini memang cukup lumayan. Seperti sepeda motor ini cukup banyak yang dikirim ke kampung halaman," katanya.

Untuk memenuhi layanan itu, JNE meningkatkan performa kerja di sektor penting, yakni IT, SDM, dan infrastruktur yang dilaksanakan di seluruh indonesia.

Baca juga: Seluruh ASN Dilarang Terima Hadiah Lebaran

Biasanya, kata dia, pengiriman barang akan mulai menurun setelah musim mudik dimulai dan setelah lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com