Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Menang Ora Umuk, Kalah Ora Ngamuk"

Kompas.com - 21/04/2019, 18:40 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Gelaran car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi di Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/4/2019) dimeriahkan dengan aksi empat warga Solo memakai topeng calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2019.

Keempat warga itu masing-masing adalah Haristanto yang memerankan tokoh Prabowo Subianto, Aziz memerankan tokoh Sandiaga Uno, Rahmadi memerankan tokoh Jokowi dan Waluyo memerankan tokoh Ma'ruf Amin dengan memakai sarung.

Baca juga: Hasil Sementara Situng KPU: (Data 7,88 Persen) Jokowi-Maruf 54,27 Persen, Prabowo-Sandi 45,73 Persen

Mereka berjalan sambil menyapa para pengunjung di CFD. Tak hanya itu, mereka juga membawa pesan cinta dari Solo dengan membawa dua poster.

Poster itu bertulis "Rukun Agawe Santoso" dan "Menang Ora Umuk, Kalah Ora Ngamuk".

Aksi mereka menyita perhatian para pengunjung yang datang ke CFD. Sejumlah warga mengajak mereka untuk berswafoto.

Seorang warga, Yudha mengatakan, aksi tersebut memberikan gambaran bahwa pelaksanaan Pemilu 2019 telah usai. Sehingga kedua pasangan calon saling menjaga kebersamaan sambil menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU.

"Siapapun presidennya, nanti bisa memajukan Indonesia," kata dia di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Baca juga: Karangan Bunga untuk KPU: Selamat Lembur, Seluruh Rakyat di Belakangmu

Penggagas aksi, Haristanto, berharap kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden tetap menjaga kebersamaan dan tidak saling menjatuhkan. Sebab penghitungan suara pilpres sampai saat ini masih terus berlangsung di KPU.

"Harus kembali seperti semula. Harus fair play, siap menang dan siap kalah. Karena KPU masih terus melakukan penghitungan suara," katanya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan menciptakan suasana kondisi di Solo tetap aman, dan nyaman. Siapapun presiden dan wakil presiden yang terpilih bisa menjadikan Indonesia ke depan lebih baik dan maju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com