Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Pilkada 2018, Kapolda Jabar Yakin Pemilu 2019 di Jawa Barat akan Aman

Kompas.com - 16/04/2019, 13:29 WIB
Budiyanto ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SUKABUMI, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjamin pelaksanaan Pemilu 2019 baik Pilpres maupun Pileg di Jawa Barat, akan berlangsung aman dan lancar.

Hal tersebut berdasarkan pengalaman dari hasil pelaksanaan Pilkada 2018 serentak di Jawa Barat yang berlangsung aman dan lancar. Dia meyakini karena masyarakat Jawa Barat itu sangat religius, agamis dan santun.

"Insya Allah, dengan kebersamaan dan sinergi TNI, Polri seluruh aparatur pemerintahan dan seluruh komponen masyarakat Jawa Barat dan Indonesia aman," kata Agung Budi, kepada wartawan selesai pengecekan pengamanan Pemilu 2019, di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Identifikasi TPS Rawan, Bawaslu Jatim Temukan 691 TPS Jadi Tempat Praktik Politik Uang

"Karena saya yakin dan percaya pada pengalaman Pilkada yang lalu masyarakat Jawa Barat sangat religius, agamis dan santun," sambung dia.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dalam kunjungan pengecekan pengamanan Pemilu 2019 di Sukabumi didampingi Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono.

Sebelum mengecek kesiapan personel pengamanan Pemilu 2019 di Kota Sukabumi, Kapolda dan Pangdam sempat mengecek ke Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Rencananya, setelah dari Kota Sukabumi, langsung ke Kabupaten Cianjur.

Dia menuturkan, pengecekan kesiapan personel pengamanan Pemilu 2019 ke setiap daerah ini terus dilaksanakan. Sebelumnya, pengecekan sudah digelar di Kota Bandung, Garut, Tasikmalaya, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi.

"Untuk kesekian kalinya saya dengan Pangdam ingin melaksanakan kontrol langsung kesiapan petugas di lapangan dalam memberikan rasa aman dan rasa nyaman kepada masyarakat dalam pengamanan Pemilu 2019 baik Pilpres maupun Pileg," tutur dia.

Seluruh Kapolres dan Komandan Kodim dan sudah bersinergi.

"Intinya tidak boleh underestimate (meremehkan). Sekecil apapun harus dicarikan problem solving sehingga tidak meluas dan bekerja sama dengan para ulama," kata dia.

Baca juga: Besok, Keluarga Jokowi Gunakan Hak Pilih di TPS 38 Manahan

Untuk pengamanan Pemilu 2019 di Jawa Barat melibatkan 35.687 personel yang disiagakan. Mereka terdiri dari 25.437 anggota Polri dan 10.250 anggota TNI.

Saat kunjungan Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Sukabumi ini disambut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Kapolres Sukabumi AKBP Susatyo Purnomo Condro dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Rombongan juga sempat mengunjungi TPS IX yang bertempat di SMA Mardi Yuana, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole dan Pos Ronda di Jalan Cikiray kelurahan setempat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com