Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Keluarga Jokowi Gunakan Hak Pilih di TPS 38 Manahan

Kompas.com - 16/04/2019, 12:53 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Keluarga Presiden Jokowi akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 38, Jalan Kasuari III No 6, Kampung Tirtoyoso RT 004 RW 013, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019).

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 38 Manahan, Sunarso mengatakan, keluarga Presiden Jokowi yang akan menggunakan hak pilihnya tersebut antara lain, Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka dan menantunya, Selvi Ananda.

"Iya, Bu Sujiatmi dan keluarganya besok datang ke sini menggunakan hak pilihnya," kata Sunarso, saat ditemui di TPS 38 Manahan, Solo, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Jokowi Akan Nyoblos di TPS Gambir

Menurut Sunarso, diperkirakan, Sujiatmi dan keluarga akan datang ke TPS 38 untuk menggunakan hak pilihnya sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Sujiatmi itu merujuk pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 yang ditentukan KPU Surakarta.

Sujiatmi tercatat dapat DPT dengan nomor urut 130. Kemudian, Gibran, Selvi dan Kaesang, masing-masing ada diurutan nomor 117, 118 dan 119.

"Sekitar jam 10.00 sampai 11.00, Bu Sujiatmi datang ke TPS. Biasanya dulu-dulu seperti itu," ungkap dia.

Sunarso menyebutkan, di TPS 38 Manahan, ada 187 DPT yang terdiri dari 92 laki-laki dan 95 perempuan. Sedangkan, jumlah petugas KPPS TPS 38 ada sembilan orang termasuk keamanan.

Dia mengungkapkan, untuk memberikan kesan kompak dan sopan pada saat pencoblosan semua petugas akan menggunakan seragam batik.

"Pemakaian seragam batik agar terlihat sopan dan kompak. Apalagi, keluarga Presiden Jokowi juga akan menggunakan hak pilihnya di sini," imbuh dia.

Sunarso menuturkan, tidak ada pengamanan khusus meski keluarga Presiden Jokowi akan menggunakan hak pilihnya di TPS 38. Seperti pelaksanaan Pemilu lima tahun sebelumnya, pengamanan dilakukan petugas Linmas.

"Tidak ada pengamanan khusus. Biasanya malam hari sebelum pencoblosan ada petugas kepolisian datang ke TPS untuk mengontrol kesiapan," tutur dia.

Baca juga: Terjunkan 276.100 Saksi, PDI-P Jaga Ketat 138.050 TPS di Jawa Barat

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo mengatakan, di Solo ada sebanyak 1.734 TPS. Dari jumlah itu, ada beberapa TPS yang dianggap rawan.

Namun demikian, kata Kapolresta, semua TPS yang dianggap rawan tersebut sudah dilakukan antisipasi dan identifikasi dengan menerjunkan 800 personel dan pasukan cadangan.

"Paling penting masyarakat jangan takut datang ke TPS menggunakan hak pilihnya. Kami menjamin seutuhnya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com