Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman Ini Bikin Karya Unik dengan Bola-bola, Pakai Metode "Forced Perspective"

Kompas.com - 26/03/2019, 13:51 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang seniman asal Yogyakarta, Bambang Paningron, membuat karya unik yang membentuk wajah Presiden Joko Widodo menggunakan metode forced perspective.

Karya itu ditampilkan di acara Pekerja Seni Soeka Jokowi (Prasojo) di halaman de Tjolomadoe, Karanganyar, Sabtu (23/3/2019).

Forced perspective merupakan metode yang menciptakan ilusi pandangan mata manusia.

Karya seni ini terbentuk dari 500 lebih bola warna-warni yang diatur dan digantungkan sedemikian rupa. Dengan demikian, bola-bola itu akan membentuk wajah Jokowi jika dilihat dari depan, dan tak terlihat jika dilihat dari samping.

"Itu perspektif yang 'dipaksa' sampai memunculkan gambar tertentu," ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com pada Senin (25/3/2019).

Kemudian, Bambang mengungkapkan bahwa konsepnya membuat instalasi forced perspective itu karena ingin membuat karya dengan cara yang berbeda.

"Kalau dari materi, ini enggak penting. Tetapi memang saya ingin ada pendekatan yang lebih artistik, maksudnya karya itu bisa diproduksi dengan memakai benda apa pun, tergantung bagaimana mengemasnya, nah kemarin memakai bola-bola itu," ujar Bambang.

Baca juga: 6 Fakta Kampanye Jokowi di Jatim, Ngopi Bareng di Warung hingga Muncul lewat Hologram

Bambang mengaku memang mendukung Jokowi yang maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019. Karya seni ini, menurut dia, dibuat sebagai bagian dari kampanye kreatif yang tidak merugikan orang lain.

"Selama ini kan atribut pemilu kan kebanyakan baliho-baliho, yang sebenarnya sangat mengotori. Bukannya tidak boleh, tapi karena sudah terlalu banyak kan kita capek melihatnya," kata dia.

Bambang juga membagikan karya ini di akun Instagram miliknya, @b.paningron.

Tak sangka akan viral

Bambang mengatakan bahwa ada beberapa teman yang membagikan tangkapan layar maupun tautan yang memperlihatkan karyanya kepada dirinya.

Ia mengaku kaget dan tidak menyangka akan ramai di media sosial. Ada juga yang menanyakan proses pembuatannya.

Dalam membuat karya ini, Bambang menyelesaikannya selama dua minggu dengan dibantu empat seniman lainnya. Empat orang ini ada yang bertugas untuk mengelas besi instalasi, ada yang memasang bola untuk digantungkan di instalasi, dan lainnya.

Selain itu, Bambang juga mengungkapkan bahwa bola yang digunakannya dalam instalasi merupakan bola yang digunakan dalam wahana bermain anak.

"Itu pakai bola untuk (wahana) mandi bola," ujar dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com