Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Berturut-turut, Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Bangka Belitung

Kompas.com - 15/02/2019, 16:46 WIB
Heru Dahnur ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.comCuaca ekstrem diprediksi melanda sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung selama tiga hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkal Pinang mendeteksi cuaca ekstrem berupa angin kencang, hujan intensitas sedang hingga lebat serta petir.

"Terhitung tanggal 15, 16 dan 17 kami mengingatkan potensi cuaca ekstrem," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkal Pinang, Kurniaji kepada Kompas.com saat dihubungi via ponsel, Jumat (15/2/2019).

Dia mengungkapkan, wilayah terdampak cuaca ekstrem berbeda-beda setiap harinya. Daerah yang terbilang potensial yakni Bangka Barat, Bangka Tengah, Pangkal Pinang, Belitung dan Belitung Timur.

Baca juga: Hadapi Cuaca Ekstrem, Gubernur Sulut Imbau Masyarakat untuk Waspada

Saat berita ini dibuat sekitar pukul 15.57 WIB, Kota Pangkal Pinang sedang diguyur hujan lebat.

Kondisi cuaca tersebut sesuai dengan prakiraan yang dikeluarkan BMKG beberapa jam sebelumnya.

"Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Muntok, Simpang Teritip, Tempilang, Kelapa, Bakam, Pemali, Puding Besar, Mendo Barat, Merawang, Kota Pangkalpinang, Pangkalan Baru dan Namang," ujar Kurniaji.

Kondisi cuaca yang sama juga terdeteksi di Sungai Selan, Lubuk Besar, Payung, Pulau Besar, Toboali, Tukak Sadai, Lepar Pongok, Sijuk, Tanjung Pandan dan dapat meluas ke wilayah Kec. Simpang Katis, Simpang Rimba, Koba, Air Gegas, Badau, Kelapa Kampit, Damar, Simpang Renggiang dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com