Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Dua Periode, Ridwan Kamil Lirik Capres 2024

Kompas.com - 27/01/2019, 16:06 WIB
Ari Maulana Karang,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tampaknya melirik kursi calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang, terutama jika Presiden Joko Widodo bisa menang pada Pilpres 2019 ini.

Pesan ini, disampaikan Emil demikian biasa disapa saat deklarasi tim khusus 1901 Jokowi-Amin di Fave Hotel Garut, Minggu (27/1/2019).

"(Kalau) Jokowi menang, 2024 kosong, maka Asgar bisa naik," kata Emil saat memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Emil pun menyampaikan bahwasanya dirinya adalah orang asli Garut karena kakek dan neneknya adalah orang Garut asli dari Banyuresmi dan Limbangan. Makanya, Emil mengaku darah Garut mengalir di tubuhnya.

Baca juga: Wasiat Sang Ayah Bikin Ridwan Kamil Kerap Desain Masjid

Emil menegaskan, politik adalah momentum. Meski punya popularitas dan pintar, namun tidak ada momentum. Maka sulit untuk bisa mencapai capaian politik yang mau dicapai.

"2024 momentum waktu, Asgarnya (Ridwan Kamil) masih manggung, mau diambil atau tidak," tanya Emil kepada anggota Tim Khusus 1901 yang langsung disambut teriakan antusias.

Baca juga: Ridwan Kamil Serahkan Desain Masjid untuk Gaza, Palestina, Ini Detailnya

Emil menyampaikan, suasana psikologis pasangan Jokowi-Maaruf saat ini sama seperti dirinya pada saat menghadapi Pilgub Jabar 2018 lalu, yaitu meski disurvei berkali-kali, dirinya kalah di Garut. Namun, ia terus berikhtiar hingga akhirnya bisa menang di Garut.

"Di Cirebon juga begitu, tapi ada yang ngasih semangat untuk terus berusaha, akhirnya bisa menang di Cirebon," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com