Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Perintahkan Pengadaan Alutsista Harus Punya Spek Penanggulangan Bencana

Kompas.com - 09/01/2019, 15:24 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) di Indonesia harus memiliki kemampuan penanggulangan bencana alam.

“Harus ada spek yang melibatkan kemampuan untuk SAR atau bencana alam. Itu perintah presiden,” ujar Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kementerian Pertahanan, Agus Setiadji di PT Dirgantara Indonesia (DI) Bandung, Selasa (9/1/2018).

Agus menjelaskan, Indonesia kerap dilanda bencana alam. Untuk itu, dibutuhkan peralatan yang bisa membantu proses evakuasi dan lainnya saat bencana terjadi.

“Ke depan dengan kejadian yang sering bencana alam, alutsista kita selalu di depan dalam penanggulangan bencana. Memiliki spek untuk membantu penanggulangan bencana,” katanya.

Penanggulangan bencana yang dimaksud bisa berupa heli angkut untuk bantuan logistik, evakuasi korban bencana, hingga kemampuan untuk memadamkan api di kebakaran hutan.

Baca juga: Dipilih Jokowi Jadi Kepala BNPB, Ini 5 Fakta Letjen TNI Doni Monardo

Salah satu yang tengah dikerjasamakan adalah Helikopter H225M konfigurasi Angkut Berat, Integrated Logistic Support untuk TNI AU.

Helikopter H225M merupakan nama komersial yang sama dengan Helikopter EC725 Cougar yang merupakan keluarga dari Super Puma, produk kerja sama PT DI dengan Airbus Helicopters, Perancis.

Heli angkutan berat ini dibutuhkan karena wilayah Indonesia yang luas. Heli ini akan membantu pengiriman logistik, mendukung Sarnas, dan lainnya.

“Nanti tentunya akan ada skuadron baru. Tempatnya belum ada, nanti lihat geografisnya. Untuk sekarang masih ada skuadron 8,” tutur Asisten Logistik KASAU, Marsekal Muda TNI Eko Supriyanto.

Baca juga: Jabat Kepala BNPB, Doni Monardo Masih Berstatus Perwira TNI Aktif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com