Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Anggota Polisi dan TNI Bersama-sama Menyapu Sampah di Gereja...

Kompas.com - 26/12/2018, 17:49 WIB
Labib Zamani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SOLO, KOMPASA.com - Puluhan anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Jebres dan Komando Rayon Militer (Koramil) 04 Jebres, Solo, Jawa Tengah menyapu sampah di Gereja Santa Perawan (SP) Maria Regina Purbowardayan, Rabu (26/12/2018).

Memakai seragam dinas kepolisian dan TNI, mereka tanpa canggung memegang sapu untuk membersihkan daun kering berguguran di halaman gereja. Gereja itu baru saja digunakan untuk melaksanakan kabaktian Natal, Selasa (25/12/2018).

Kegiatan karya bakti itu dipimpin Kapolsek Jebres Kompol Juliana dan Danramil 04 Jebres Kapten Inf Narno. Kedua pimpinan institusi penegak pertahanan dan keamanan di Solo ini terlihat saling bersinergi.

Baik Juliana maupun Narno tidak kalah dengan anggotanya. Perwira polisi dan TNI itu juga memegang sapu di tangannya. Mereka bersama-sama menyapu sampah yang mengotori halaman gereja.

Baca juga: Ibadah Natal di Gereja Carita Digelar Sederhana di Tengah Isu Tsunami Susulan

Melalui kegiatan karya bakti antara TNI dan Polri, gereja kembali bersih setelah digunakan untuk kebaktian perayaan Natal.

"Ini wujud bahwa kita sangat peduli terhadap rumah ibadah," ungkap Kapolsek Jebres Kompol Juliana usai menyapu sampah di halaman Gereja SP Maria Regina Purbowardayan.

Juliana mengatakan, bahwa kepolisian dan TNI tidak hanya bertugas menjaga keamanan dan keteriban masyarakat. Namun, juga peduli terhadap lingkungan salah satunya melalui kegiatan karya bakti.

"Mari kita bersama-sama mewujudkan gotong royong. Dan inilah satu gotong royong kita. Kita bersih-bersih untuk mewujudkan telorensi antar umat beragama," imbuh dia.

Baca juga: Suasana Haru dan Isak Tangis Iringi Ibadah Natal di Gereja Korban Tsunami Carita

Selama perayaan Natal ada tiga gereja di wilayah hukum Polsek Jebres yang menjadi prioritas pengamanan. Ketiga gereja itu antara lain, Gereja SP Maria Regina Purbowardayan, Gereja El Shaddai, dan Gereja Kepunton.

Sementara Danramil 04 Jebres Kapten Inf Narno menambahkan, kegiatan bersih-bersih sampah di gereja merupakan wujud sinergitas antara TNI dan Polri. Ia berharap kegiatan ini terus terjalin antara kedua institusi penegak pertahanan dan keamanan.

"Ada 10 anggota dari Koramil 04 Jebres yang kita libatkan untuk ikut kegiatan bersih-bersih gereja," katanya.

Selama perayaan Natal, ungkap Narno pihaknya menerjunkan anggota di masing-masing gereja di Jebres ada sekitar tujuh orang. Mereka ikut mengamankan bersama anggota kepolisian dan ormas hingga Selasa (2/1/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com