Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Aman, Pemeriksaan Pengunjung Gereja di Pangkal Pinang Tidak Ketat

Kompas.com - 25/12/2018, 10:40 WIB
Heru Dahnur ,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Pelaksanaan ibadah natal di sejumlah gereja di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, berlangsung aman dan tertib, Selasa (25/12/2018).

Tidak seperti tahun sebelumnya, kali ini pengamanan di pintu masuk gereja tidak terlalu diperketat.

Pantauan Kompas.com, umat kristiani mulai mendatangi Gereja Katedral Santo Yosef sejak pukul 06.00 WIB. Pelaksanaan ibadah dibagi tiga sesi.

Umat yang hendak melaksanakan ibadah natal bisa langsung masuk tanpa harus melewati metal detektor.

Baca juga: Sembunyikan Sapu hingga Bersepatu Roda, Ini 6 Tradisi Unik Natal Dunia

Kondisi yang sama juga terlihat di Gereja Protestan Maranatha. Umat kristiani masuk melalui pintu yang telah disediakan panitia dan langsung bergabung di dalam gereja untuk beribadah.

"Sejak tadi malam sudah disterilkan. Saat ini kodisinya aman," kata Hari, salah seorang panitia di Gereja Katedral Santo Yosef, Selasa pagi.

Meskipun suasana aman, aparat keamanan tetap terlihat berjaga-jaga di setiap posko pengamanan gereja. Sejumlah personel dari ormas juga ikut bergabung melakukan pengamanan.

Baca juga: 28 Sopir Angkutan Natal dan Tahun Baru di Jakarta Dinyatakan Tak Sehat

Andi, salah seorang jemaat, berharap, pelaksanaan ibadah Natal berjalan aman dan kondusif meskipun cuaca di Pangkal Pinang, mendung disertai hujan ringan.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono saat patroli pengamanan gereja mengatakan, tidak ada laporan insiden maupun isu-isu yang harus dikhawatirkan.

"Semua pihak bersama-sama melakukan pengamanan. Mari kita jaga karena ini akan berlanjut sampai pergantian tahun," ujarnya.

Ada foto jemaat memasuki gereja katedral santo yosef..

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com