Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pembakaran Polsek Bendahara, 2 Polisi Diproses Hukum

Kompas.com - 30/11/2018, 11:42 WIB
Masriadi ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com – Dua personel Polsek Bendahara yang diduga terlibat dalam kasus penganiayaan yang mengakibatkan tersangka narkoba bernama Mahyar meninggal dunia, diproses hukum.

Sedangkan empat anggota polisi lainnya diproses lewat sidang kode etik.

Tersangka Mahyar (sebelumnya ditulis berinisial A), warga Tanjong Keuramat, Kecamtan Banda Mulia, Kabupaten Aceh Tamiang, meninggal dunia setelah ditangkap Polsek Bendahara, Aceh Tamiang.

Hal itu pula yang memicu massa mengamuk dan membakar Mapolsek tersebut pada 23 Oktober 2018.

Baca juga: Polisi Tahan 9 Pembakar Kantor Polsek Bendahara di Aceh

“Untuk dua personel itu kini penangangan berkas perkaranya sudah tahap I dilimpahkan Ditreskrimum Polda Aceh ke Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, berdasarkan surat Dirreskrimum Polda Aceh nomor : B/45/XI/RES.1.6/2018/Subdit I Resum tanggal 26 November 2018,” sebut Kabid Humas Polda Aceh, AKBP Ery Apriyono, Jumat (30/11/2018).

Informasi yang diperoleh dan Kompas.com, dua personel yang diproses hukum itu berinisial DD dan FS. Empat personel yang disidang kode etik berinisial IW, SM, BH dan MS.

Ery mengatakan, kedua personel itu ditahan di rumah tahanan Polda Aceh. “Kedua oknum anggota Polri ini, selain dikenai sanksi pidana, juga diproses secara komisi kode etik Polri,” ujar Ery.

“Penyidik juga memeriksa saksi-saksi sebanyak 18 orang terdiri dari masyarakat, anggota Polsek Bendahara dan dokter RSUD Aceh Tamiang," ujar Ery.

Sebelumnya diberitakan, Mapolsek Bendahara dirusak dan dibakar sejumlah masyarakat.

Hal itu dilakukan setelah mengetahui bahwa Mahyar, terduga pengedar narkoba yang ditangkap personel Polsek Bendahara meninggal dunia.

Baca juga: 4 Fakta Baru Pembakaran Polsek Bendahara, 6 Polisi Diperiksa hingga Cari Dalang Pembakaran

Diduga, Mahyar tewas karena dianiaya oleh sejumlah anggota Polsek Bendahara.

Ipda IW diberhentikan langsung dari jabatannya sebagai Kapolsek Bendahara oleh Kapolda Aceh beberapa jam pasca-insiden tersebut.

Kini, Kapolsek Bendahara dijabat AKP Sumasdiono yang Rabu kemarin menjalani sertijab di Lapangan Parama Satwika Polres Aceh Tamiang, yang dipimpin langsung Kapolres AKBP Zulhir Destrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com