Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Robohnya Bangunan Ponpes Al Azhar di Gresik, Sudah Terlihat Miring hingga Menimpa Rumah Warga

Kompas.com - 28/11/2018, 17:27 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bangunan lima lantai milik Pondok Pesantren ( Ponpes) Al Azhar yang terletak di Jalan PJKA, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, ambruk pada Selasa (27/11/2018) malam.

Akibatnya, dua bangunan milik warga di dekatnya juga turut tertimpa. Menurut informasi yang didapat dari masyarakat, bangunan yang diperuntukkan bagi santriwati penghafal Al Quran tersebut ambruk sekitar pukul 20.00 WIB.

Dari hasil penyelidikan sementara polisi, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Berikut ini fakta lengkapnya.

1. Bangunan pondok yang ambruk, sudah miring

Bangunan pondok pesantren Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, ambruk pada Selasa (27/11/2018) malam.KOMPAS.com / HAMZAH Bangunan pondok pesantren Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, ambruk pada Selasa (27/11/2018) malam.

Bangunan pondok yang tengah dilakukan pembangunan untuk lantai lima tersebut sebelumnya sudah diketahui miring.

"Setahu saya, bangunan itu sudah empat lantai dan hendak ditambahi lagi satu lantai, dan memang sudah terlihat miring sebelumnya. Tapi belum selesai sudah ambruk ini," ujar salah seorang warga, Asrori.

Beruntung, santriwati yang biasa menghuni ponpes tersebut yang berjumlah sekitar 100-an orang sudah dipindah ke cabang ponpes yang lain.

Mereka dipindah ke cabang ponpes yang ada di Kecamatan Menganti, sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Sehingga, sampai Selasa malam, belum diketahui adanya korban jiwa.

Baca Juga: Bangunan 5 Lantai Ponpes di Gresik Ambruk

2. Tidak ada korban jiwa maupun luka

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro (dua dari kanan), saat meninjau lokasi bangunan Ponpes Al Azhar yang ambruk, Rabu (28/11/2018). KOMPAS.com / HAMZAH Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro (dua dari kanan), saat meninjau lokasi bangunan Ponpes Al Azhar yang ambruk, Rabu (28/11/2018).

Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro membenarkan, bila sampai dengan Selasa malam usai kejadian, pihaknya juga belum menerima adanya kabar mengenai korban jiwa.

"Belum ada (korban jiwa), nihil mas," kata AKBP Wahyu saat dikonfirmasi Kompas.com.

Namun demikian, pihak kepolisian memasang garis polisi di lokasi robohnya bangunan untuk kepentingan penyelidikan dan mengantisipasi warga mendekat ke lokasi.

Baca Juga: Bangunan Ponpes Al-Azhar yang Ambruk Juga Menimpa Gudang Milik Warga

3. Keterangan saksi mata saat bangunan roboh

Kapolda dan Ketua MUI Jatim saat meninjau lokasi ambruknya bangunan lima lantai milik Ponpes Al Azhar, didampingi Kapolres dan Bupati Gresik. KOMPAS.com / HAMZAH Kapolda dan Ketua MUI Jatim saat meninjau lokasi ambruknya bangunan lima lantai milik Ponpes Al Azhar, didampingi Kapolres dan Bupati Gresik.

Warga sekitar Pondok Pesantren ( Ponpes) Al Azhar di Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, menceritakan detik-detik robohnya bangunan pondok.

"Saat kejadian itu, saya juga kaget dengan suara keras yang terdengar. Tak lama berselang, kemudian debu beterbangan," ujar Ikhnal, salah seorang warga yang tinggal sekitar 300 meter dari lokasi bangunan yang ambruk, Rabu (28/11/2018).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com