Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Tawar yang Memancari di Pantai Polewali Mandar Bikin Warga Penasaran

Kompas.com - 17/11/2018, 22:38 WIB
Junaedi,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Fenomena semburan tiga titik air yang muncul di sepanjang bibir Pantai Polewali Mandar Sulawesi Barat, pascagempa sejak dua pekan terakhir, mengundang perhatian warga setempat.

Sejak ditemukan warga beberapa hari lalu, semburan air tawar di laut ini terus didatangi warga yang penasaran.

Berbagai spekulasi pun bermunculan. Mulai dari dugaan adanya muara sungai bawah tanah, hingga mata air di bibir pantai Polewali Mandar.

Sebagian warga yang penasaran sengaja datang untuk mencoba merasakan langsung sumber air yang menyembur di bibir pantai bahari tersebut.

Meski muncul di laut dan bercampur air asin, namun warga yang telah membuktikan menyatakan bahwa air jenih yang menyembur tersebut adalah air tawar.

Seorang ibu rumah tangga, Bulawang, yang juga hadir bersama warga lainnya menyatakan air yang menyembur tersebut adalah air tawar.

“Katanya bisa jadi obat, tapi saya tidak tahu untuk obat apa. Saya ambil saja airnya setelah saya coba ternyata memang air tawar,” jelas dia, pekan ini.

Sementara itu sebagian warga lainnya mengambil air menggunakan beragam wadah seperti botol air mineral atau kantung plastik.

Sementara warga lainnya, Bora, menuturkan semburan air tawar di laut tersebut sebetulnya sudah lama.

“Ini air biasa saja, Cuma tidak tahu darimana sumbernya. Ini juga tak masuk akal kalau air PDAM bocor karena jakraknya dari pipa jauh,”jelas Bora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com