Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Sebut Kemajuan Bangsa dan Negara Ada di Tangan Pemuda

Kompas.com - 28/10/2018, 15:14 WIB
Ghinan Salman,
Krisiandi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa peran pemuda Indonesia cukup penting untuk terus memperkuat persatuan dan memperjuangkan kemajuan bangsa.

Memperingati 90 tahun Sumpah Pemuda, mantan Wali Kota Solo ini menilai pemuda Indonesia memiliki kemauan untuk memajukan bangsa dan negara.

"Melihat perkembangan pemuda saat ini, saya optimistis negara ini mampu berkompetisi memenangkan persaingan," kata Jokowi, Minggu (28/10/2018).

Jokowi juga mengingatkan tentang ikrar Sumpah Pemuda. Tiga poin dalam ikrar tersebut adalah bertanah air satu Tanah Air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Jokowi menambahkan, Indonesia akan mampu bersaing secara global apabila negara memberikan prioritas terhadap pembangunan sumber daya manusia. Termasuk mereka yang berusia produktif.

Tujuannya, menurut Jokowi, agar bonus demografi pada 2020 dan 2030 betul-betul memberikan dampak signifikan terhadap gerakan pemuda dalam rangka mencapai kemajuan bangsa.

Baca juga: Pesan Presiden Jokowi di Hari Sumpah Pemuda

Dalam persaingan global sekarang ini, menurut Jokowi, bukan negara besar mengalahkan negara kecil atau miskin. Tetapi negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lamban.

"Oleh sebab itu, kita perlu cepat dalam merespons perubahan. Kita harus cepat dalam memutuskan setiap kebijakan," imbuh Jokowi.

"Sekali lagi, aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, persaudaraan dan kerukunan," sambungnya.

Kompas TV Kreasi gambar juga dapat dipesan khusus sesuai dengan kepribadian penggunanya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com