Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Choi: Jangan Raih Kemenangan Pileg dengan Produksi Hoaks

Kompas.com - 07/10/2018, 20:46 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

PONOROGO, KOMPAS.com — Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem, Effendi Choirie meminta caleg-calegnya tidak memproduksi hoaks untuk meraih kemenangan dalam pemilu legeslatif 2019.

"Untuk meraih kemenangan tidak dengan cara menyebar kebohongan, menyebar fitnah, menyebar hoaks, memproduksi hoaks kayak Ratna Sarumpaet dan rombongan yang ada di sana. Tidak boleh caleg Nasdem memproduksi hoaks dan sejenisnya untuk menang," kata Ketua Bappilu Partai Nasdem, Effendi Choirie disela-sela Konsolidasi Pemenangan Caleg Partai Nasdem Jatim Dapil Tujuh pada Pileg 2019 di Ponorogo, Minggu (7/10/2018) siang.

Effendi yang akrab disapa Gus Choi meminta caleg Nasdem harus memberikan kontribusi demokrasi yang berkualitas. Untuk itu seluruh caleg harus berpartisipasi aktif.

"Jadilah dai kebangsaan. Sebarkan moral yang baik, energi yang positif," kata Gus Choi.

Baca juga: Pesan dari Tebuireng untuk Lawan Hoaks, Saring Sebelum Sharing

Ia mengatakan Partai Nasdem menargetkan perolehan minimal satu daerah pemilihan satu kursi pada pemilu legeslatif 2019. Perolehan satu dapil satu kursi akan menjadikan partai pimpinan Surya Paloh itu masuk dalam tiga besar.

"Kami nasional menargetkan 100 kursi dari 80 dapil di seluruh Indonesia. Dengan demikian minimal setiap dapil ada satu-satu. Kalau target itu tercapai maka Nasdem sudah masuk tiga besar," kata Gus Choi.

Menurut Gus Choi. besarnya target perolehan kursi pada pileg bukan tanpa alasan. Ia berdalih, Partai Nasdem dalam Pileg 2019 lebih siap.

"Kesiapan struktur, SDM, caleg dan mental itu lebih siap dibandingkan pada pileg 2014. Selain itu caleg berpengalaman dari partai lain sehingga membuat kami yakin meraih target sebesar itu," kata Effendi.

Ketua Bappilu DPW Partai Nasdem, Ipong Muchlissoni menyatakan berita hoax hanya bisa dilawan dengan kebenaran. Ia mencontohkan Presiden Jokowi sering diserang berita hoaks tetapi semuanya dilawan dengan kebenaran dan prestasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com