Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan Gabungan Pulangkan 67 Warga Jabar dari Sulteng

Kompas.com - 05/10/2018, 20:05 WIB
Dendi Ramdhani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Relawan gabungan memulangkan 67 warga Jawa Barat yang berada di Sulawesi Tengah pascabencana gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Asisten Operasional Relawan Jawa Barat, Reggy Kayong Munggaran mengatakan, 67 warga Jawa Barat tersebut diberangkatkan dengan pesawat komersil dari Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu menuju bandara Internasional SAMS Sepinggan, Balikpapan untuk transit.

Setelah itu diberangkatkan menuju Bandara Husein Satranegara, Bandung.

"Kamis pukul 20.30 WIB rombongan tiba dengan selamat ke Bandung dan diantarkan ke rumah masing-masing, di Bandung, Garut, Tasik, Bekasi, dan Sukabumi,” ujar Reggy, Jumat (5/10/2018).

Baca juga: Jalan Panjang Arif, Pekerja Masjid yang Selamat dari Gempa Palu untuk Pulang ke Garut

Dari hasil pendataan di lapangan, tercatat ada sekitar 135 warga Jabar yang selamat dari bencana tersebut.

Namun, proses pemulangan belum bisa dilakukan lantaran masih terdapat sejumlah kendala seperti akses transportasi udara yang belum lancar.

“Namun, 135 warga Jawa Barat tersebut sementara ini telah kami imbau untuk bersabar menunggu pemulangan karena ada beberapa kendala yang menghambat proses pemulangan yang kami lakukan,” ucap Reggy.

Relawan gabungan Jabar, kata Reggy, masih melakukan penanganan terhadap para korban. Namun, masih terbatasnya bahan bakar membuat proses pendistribusian logistik terhambat.

Baca juga: 120 WNA Berhasil Dievakuasi dari Gempa Palu, 1 Orang Meninggal

"Kami berharap semua unsur yang khususnya bertanggungjawab dalam hal kebencanaan bisa mendukung semua pergerakan penanggulangan bencana di Palu-Donggala ini dengan lebih serius," katanya.

"Supaya berbagai kendala-kendala bisa cepat teratasi dan membuat penanggulangan bencana di Palu-Donggala ini lebih cepat serta mudah,” jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com