Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Sabu yang Janjikan Upah 40 Juta kepada Aziz Ditangkap saat Pesta Narkoba

Kompas.com - 27/09/2018, 21:31 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kepri menangkap M Solihin, bandar narkoba yang menjanjikan upah Rp 40 juta untuk Abdul Aziz (24), calon penumpang maskapai Lion Air yang tertangkap membawa sabu 956 gram di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Pelaku ditangkap saat pesta sabu di kamar kosan temannya.

"Pelaku kami amankan usai menggelar pesta sabu di kediaman temannya, Udin yang juga merupakan karyawan Hotel Musik, tempat Abdul Aziz menginap sebelum akhirnya terbang ke Medan membawa sabu tersebut," kata Direktur Ditresnarkoba Polda Kepri, Kombes K Yani Sudarto, Kamis (27/9/2018).

Yani, begitu panggilan akrabnya, mengatakan, hasil dari pemeriksaan sementara, Solihin mengaku sabu tersebut didapatnya dari Malaysia dan akan dikirimkan ke Medan.

"Kata pelaku hal ini dilakukannya berdasarkan permintaan jaringan yang ada di Malaysia, yang komunikasinya melalui jaringan telepon," jelas Yani.

Baca juga: Dijanjikan Upah Rp 40 Jutaan, Aziz Nekat Antarkan Sabu ke Medan

Dari tangan pelaku, personel Ditresnarkoba Polda Kepri mengamankan sabu 40 gram yang merupakan sisa pesta.

"Saat dites urine, keduanya juga positif narkoba," terang Yani.

Saat ini keduanya masih menjalani pemeriksaan karena diduga masih ada jaringan lainnya di Batam yang memiliki hubungan dengan Solihin.

Terungkapnya jaringan Solihin di Batam ini berawal dari penangkapan Abdul Aziz (24), calon penumpang maskapai Lion Air yang membawa sabu 956 gram. Aziz menyimpan narkotika itu di dalam tas.

Aziz tertangkap saat melintasi x-ray pintu masuk Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 10.55 WIB. Rencananya, Aziz terbang ke Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Bawa 4,3 Kg Sabu, Warga Malaysia Ditangkap di Batam

Dari penangkapan Azia, petugas kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mendiuk Solihin dan Udin saat mereka pesta sabu di Hotel Musik.

Saat ini Aziz, Solihin dan Udin diamankan di Ditresnarkoba Polda Kepri dan masih diperiksa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com