Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 BERITA POPULER NUSANTARA: Rektor Unhas Minta Maaf hingga 2 Bandara di DIY

Kompas.com - 22/09/2018, 06:03 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berita terpopuler di Kompas.com pada hari Jumat (21/9/2018) diwarnai dengan topik paket salah alamat yang menjadi viral di Yogyakarta.

Lalu berita tentang sejumlah fakta pasca pelantikan kepala daerah di Jawa Barat mendapat sorotan pembaca.

Peristiwa tentang membludaknya pengunjung saat acara kuliah umum Mahfud MD di Universitas Hasanuddin (Unhas) membuat rektor menyampaikan permintaan maaf. Mengapa?

Berikut lima berita populer yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia hari kemarin.

1. Polisi usut penyebar isu hoaks paket di Yogyakarta

Ulfa Fitria (mengenakan kerudung warna pink) pemilik toko pakaian di Yogyakarta yang mendapat kiriman paket misterius saat jumpa pers di Mapolda DIY KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Ulfa Fitria (mengenakan kerudung warna pink) pemilik toko pakaian di Yogyakarta yang mendapat kiriman paket misterius saat jumpa pers di Mapolda DIY

Polisi menduga ada seseorang ataupun pihak tertentu yang sengaja membuat informasi hoaks tetang paket yang salah kirim ke seorang pengusaha pakaian di Yogyakarta.

Isu hoaks tersebut hingga menyebabkan keresahan di masyarakat karena menjadi viral di media sosial.

"Ada paket datang, oleh Ibu Ulfa tidak diterima karena tidak merasa memesan, lalu dikembalikan ke pihak ekspedisi. Sikap Ibu Ulfa sudah benar, dan sampai di situ sebenarnya tidak ada yang salah," ujar Direktur Ditreskrimum Polda DIY Kombes Hadi Utomo dalam jumpa pers, Kamis (20/09/2018).

Baca berita selengkapnya: Polisi Telusuri Penyebar Hoaks Paket "Misterius" yang Meresahkan

2. Fakta usai pelantikan kepala daerah di Jawa Barat

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melantik Oded M Danial sebagai Wali Kota Bandung, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kamis (20/9/2018). Oded merupakan pasangan Ridwan Kamil saat menjadi orang nomor satu di Bandung periode 2013-2018.Dokumentasi Humas Pemkot Bandung Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melantik Oded M Danial sebagai Wali Kota Bandung, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kamis (20/9/2018). Oded merupakan pasangan Ridwan Kamil saat menjadi orang nomor satu di Bandung periode 2013-2018.

Pasca dilantik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, enam pasangan kepala daerah mengungkapkan rencana dan program andalan mereka.

Acara pada Kamis pagi (20/9/2018) tersebut juga mengungkap fakta tentang Bupati Purwakarta yang sedang mengandung 7 minggu saat mengikuti prosesi pelantikan.

Lalu tetes air mata Ridwan Kamil juga luruh ketika melantik sahabat seperjuangan saat menjadi Wali Kota Bandung. Siapakah dia dan mengapa Kang Emil menangis?

Baca berita selengkapnya: 5 Fakta Kepala Daerah Jabar Usai Dilantik, Dukung Jokowi hingga Lanjutkan "PR"

3. DIY bakal punya dua bandara

Desain Bandara New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.handout Desain Bandara New Yogyakarta International Airport di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

PT Angkasa Pura I akan mengoperasikan dua bandara udara di Daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus dalam waktu dekat. 

Selain bandara Adisutjipto yang saat ini masih terus beroperasi, AP I akan mengoperasikan bandara baru New Yogyakarta International Airport ( NYIA) di Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com