Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beralih Tanam Terong Belanda, Petani Mamasa Raup Untung

Kompas.com - 05/09/2018, 17:05 WIB
Junaedi,
Khairina

Tim Redaksi

MAMASA,KOMPAS.com–Para petani di Kecamatan Nosu, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat mulai membudidayakan terong belanda (Solanum betaceum) dan menjadikannya sebagai produk unggulan.

Terong belanda atau lebih dikenal dengan nama tamarillo memiliki banyak khasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit seperti kanker, kolesterol, meregenerasi DNA, hingga jantung,

Selain perawatannya yang mudah, tanaman ini memiliki harga jual yang tinggi.

Soleman Sura, salah seorang petani mengaku, setiap satu kali panen lahan seluas tiga hektar yang dimilikinya mampu menghasilkan satu ton terong belanda. Satu hektar lahan bisa ditanami hingga 300 pohon tanaman itu.

Soleman menjual hasil panennya dengan harga Rp 4.000 per kilogram kepada pengepul yang masuk ke desa. Ia bisa meraup keuntungan antara 4-6 juta rupiah per  bulan.

“Hasilnya lumayan dan harganya menguntungkan tetapi karena medan jalan yang tidak bagus, petani kesulitan membawa hasil panen mereka ke kota,” jelas Soleman.

Benyamin Paotonan, salah satu pengepul mengaku dalam satu hari bisa menjual 100 kilogram buah terong. Kendalanya, jalur transportasi dari Nosu ke Mamasa tidak lancar karena kondisi jalan yang hancur dan rusak parah. Akibatnya, pengiriman dari petani tidak lancar.

“Pasokan buah terong Belanda terkendala transportasi ke kota cukup jauh dan medannya menantang,”jelas Benyamin.

Buah terong belanda asal Nosu sudah dijual ke sejumlah tempat di Sulawesi seperti Makassar, Toraja, Mamasa, Polewali, dan Mamuju. 

Lokasi perkebunan milik warga setempat kebanyakan berada di lereng pegunungan yang jauh dari pemukiman. Kondisi tanah lereng pegunungan yang cukup subur cocok untuk tanaman jangka pendek, seperti terung belanda. 

Kondisi jalan yang rusak parah dari perkampungan menuju kebun menyulitkan warga mengangkut hasil panennya.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Soal Menyantap Terong dan Tauge Mentah

Dalam banyak literatur dan hasil penelitian, buah terong belanda diketahui sedikitnya memiliki 21 khasiat untuk kesehatan dan juga obat mujarab sejumlah penyakit.

Terong belanda diketahui mampu mencegah penyakit anemia, menjaga kepadatan tulang dan gigi, membuat tubuh menjadi lebih bugar, menjaga kesehatan mata, mengatasi sariawan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Buah terong belanda mengandung kalsium, fosfor, kalium, serta zat besi yang cukup banyak. Buah ini juga mengandung kadar vitamin A dan C yang cukup tinggi, memiliki kandungan likopen yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu timbulnya sel kanker dalam tubuh, serta mengandung kadar serat yang cukup tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com