Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toto Mohamad Toha Dilantik Jadi Penjabat Wali Kota Bekasi

Kompas.com - 31/08/2018, 17:29 WIB
Putra Prima Perdana,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Toto Mohamad Toha resmi menggantikan posisi Rudi Gandakusumah sebagai Penjabat Wali Kota Bekasi terhitung mulai hari ini, Jumat (31/8/2018).

Toto dilantik oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat Mohamad Iriawan di Aula Barat, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Alhamdulillah hari ini saya baru saja melantik Penjabat Wali Kota Bekasi. Sesuai peraturan yang ada, saya mengajukan penarikan ke Mendagri seminggu lalu. Alhamdulillah cepat direspons,” kata Iriawan dalam sambutannya, Jumat siang.

Iriawan mengaku sengaja menarik kembali Rudi Gandakusumah sebagai pejabat struktural di Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Prajurit TNI Peraih Emas Asian Games Disambut Bak Pahlawan di Markas Kodam

“Saya selaku PJ Gubernur Jawa Barat saat ini membutuhkan Pak Rudi untuk kembali ke Pemerintah Provinsi karena tugas yang bersangkutan sangat penting,” tuturnya.

Iriawan menambahkan, peran Rudi sangat dibutuhkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka menyambut kontestasi politik Pileg dan Pilpres 2019.

“Waktu Pilkada kemarin saya sulit berkoordinasi. Makanya saya menarik Pak Rudi untuk segera kembali untuk mengembalikan cipta kondisi menjelang masuk kampanye Pileg dan Pilpres,” ucapnya.

Selain itu, Rudi dibutuhkan untuk mempersiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih, serta kepala daerah terpilih pada ajang Pilkada Jawa Barat 2018.

“Pak Rudi ini sudah berhasil menyelenggarakan Pilwalkot Bekasi yang berjalan aman dan tertib. Beliau juga berhasil menjadi tuan rumah Asian Games dimana Stadion Patriot menjadi salah satu tuan rumah,” tandasnya.

Baca juga: Ini Penyebab Meninggalnya Mahasiswi Korban Begal di Bandung

Di tempat yang sama, Penjabat Wali Kota Bekasi Toto Mohamad Toha mengaku siap menjalankan tugas sebagai pemimpin Kota Bekasi sementara waktu, hingga Wali Kota Bekasi terpilih dilantik.

“Ya, siap menyelenggarakan pemerintah secara umum, itu saja tugasnya,” ucapnya.

Pria yang sebelumnya menjabat kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah II Provinsi Jawa Barat ini mengaku agak terkejut dengan penunjukkan dirinya sebagai Penjabat Wali Kota Bekasi yang terbilang mendadak.

“Baru kemarin sore dikabari, hari ini langsung dilantik,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com