Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Sarumpaet: Ini Jelas-jelas Pelanggaran Konstitusi!

Kompas.com - 25/08/2018, 19:42 WIB
Kontributor Kompas TV Babel, Rahmatul Fauza,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Ratna Sarumpaet mengecam aksi penolakan terhadap rencana diskusi yang akan dilaksanakan pada Sabtu ( 25/8/2018) siang, di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Ratna, ini merupakan pelanggaran konstitusi. Hal ini disampaikannya saat jumpa pers di Kong Djie Coffee pada Sabtu sore.

Ratna Sarumpaet yang merupakan Ketua Presedium Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) Nasional, merasa kecewa terhadap gagalnya rencana diskusi yang akan diselenggarakan oleh GSI Kepulauan Bangka Belitung.

Sejumlah ormas melakukan penolakan terhadap rencana diskusi yang sedianya akan dihadiri oleh Ratna Sarumpaet dan Rocky Gerung sebagai pembicara.

Baca juga: Polisi Tak Izinkan Diskusi Rocky Gerung dan Ratna Sarumpaet di Bangka Belitung

Sebelumnya, sekelompok massa dari resimen Yudha Putra PPM melakukan aksi di depan Bandara Depati Amir dengan membawa spanduk penolakan pada Sabtu (25/8/2018) siang.

"Ini jelas-jelas merupakan pelanggaran konstitusi, karena berdiskusi dilindungi oleh undang-undang. Kami kan hanya berdiskusi dan bertukar pikiran, selain anggota GSI, paling kami hanya mengundang sekitar 200 ibu-ibu untuk saling bertukar pikiran", ujar Ratna.

"Apa yang salah dengan diskusi ini, karena kami hanya membicarakan persoalan-persoalan yang terjadi di Bangka Belitung," ujar Ketua GSI Babel Muhammad Amin.

Baca juga: Ditolak Warga, Diskusi dengan Ratna Sarumpaet dan Rocky Gerung Ditunda

Menurut Amin, ini merupakan penolakan yang membabi buta dan berlebihan, karena GSI Babel hanya melakukan diskusi.   

"Bangka Belitung ini daerah pertama dan akan menjadi studi kasus. Kami tidak akan berhenti dan tetap akan melaksanakan diskusi ini di 33 provinsi di Indonesia", tegas Ratna.

Rencananya, diskusi serupa akan dilaksanakan minggu dpan di Pelembang, Jambi, dan Bengkulu. Ratna Sarumpaet pun berjanji akan kembali ke Bangka Belitung untuk melaksanakan diskusi yang tertunda ini.

Kompas TV Gerindra membela sikap Ratna Sarumpaet yang berdebat dengan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan perihal penghentian evakuasi korban KM Sinar Bangun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com