Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Gelar Aksi Serentak Bersih Laut dari Aceh sampai Papua

Kompas.com - 20/08/2018, 09:41 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Raja Umar,
Amran Amir,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Untuk menjaga pantai dan laut bersih dari sampah, sejumlah komunitas di Banda Aceh yang tergabung dalam Gerakan Pandu Laut Nusantara melakukan aksi membersihkan sepanjang Pantai Ulelee, Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Minggu (19/08/18).

“Pembersihan pantai ini dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-73 RI," kata Dhea Ishar, peserta dari Yayasan Ekonusa, kepada wartawan, Minggu.

Menurut Dhea, sampah yang dibersihkan dari Pantai wisata Uleele Banda Aceh oleh 100 peserta itu didominasi plastik bekas botol minuman dan bekas tempat makanan.

“Hasil pembersihan pantai yang paling banyak jenis sampah plastik, seperti kemasan minuman dan makanan, karena saat pembersihan tadi kita pisah beberapa jenis sampah," katanya.

Aksi bersih laut yang diberi nama "Gerakan Menghadap Laut" kali ini dilakukan secara serentak di 76 titik pantai seluruh Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua, dengan melibatkan 20.000 lebih peserta.

Misalnya, di Palopo aksi serupa juga dilakukan Komunitas Earth Hours Palopo yang berkolaborasi dengan komunitas masyarakat dan kepemudaan di Kota Palopo. Mereka membersihkan laut dari sampah di 2 titik yang membentang di jalan Lingkar, yakni Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Utara dan Kelurahan Balandai, Kecamatan Bara.

Baca juga: Saat Ribuan Warga Kampanyekan Laut Bukan Tempat Sampah

Ratusan karung berisi sampah yang dipungut dari tepi pantai berhasil dikumpulkan, lalu diangkut oleh Dinas Kebersihan Kota Palopo menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS).

Sementara di Kupang, Nusa Tenggara Timur, aksi membersihkan laut dari sampah diikuti 1.202 warga dari berbagai unsur. Kegiatan dipusatkan di Pantai Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Minggu (19/8/2018).

Ribuan warga itu berasal dari anggota dan ibu-ibu dari Polda dan Bhayangkari, kesatuan TNI (Korem Wira Sakti, Lantamal VII Kupang dan Batalion Pasmar, Lanud El Tari), Pemda provinsi NTT dan Kota Kupang, BUMN, Perhotelan dan Restoran, Lembaga Akademik, Organisasi Kemasyarakatan, Unit Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan, HNSI, dan masyarakat Kota Kupang.

Kegiatan bersih pantai di Kelurahan Oesapa dikoordinasi Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Ikram Sangadji. Kegiatan itu dihadiri oleh penjabat Gubernur NTT Robert Simbolon dan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore.

Baca juga: Peringati Hari Kemerdekaan, Komunitas Ini Bersih-Bersih Pesisir Laut di Ancol

Bersih pantai tersebut, digagas langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri Susi membuat gerakan dan kebijakan dalam melestarikan sumber daya alam hayati laut dan pesisir dengan menyelenggarakan “Gerakan Bersih Pantai dan Laut” yang dilaksanakan di 73 titik pantai dan laut di seluruh Indonesia.

Kompas TV Ada pula jas dari karung bekas dan mobil hias.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com