Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Pak Ma'ruf Amin Dapat Menangkis Serangan Politik Berbau Agama

Kompas.com - 09/08/2018, 22:32 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Politisi PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meyakini Kiai Ma'ruf Amin sebagai sosok yang tepat mendampingi Joko Widodo di Pemilihan Presiden 2019.

Kiai Ma'ruf dinilai akan sangat membantu Jokowi menangkis serangan-serangan yang bernuasa agama.

"Ketika hari ini situasi eksternal, sosial kapitalisasi agama tinggi, maka butuh tokoh yang bisa menangani, sehingga Indonesia menjadi lebih baik. Ya cocok saja," kata Ganjar, seusai berkunjung ke kediaman Gus Mus di Rembang, Kamis (9/8/2018).

Ganjar menjelaskan, komposisi Jokowi-Ma'ruf Amin mencerminkan sosok nasional dan religius. Kedua tokoh juga dapat berbagi peran mengurus Indonesia.

Baca juga: Maruf Amin: Indonesia Tak Boleh Lagi Jadi Negara Pengimpor

Secara khusus, Ma'ruf Amin yang juga ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dapat berperan besar di bidang sosial keagamaan.

"Masyarakat akan melihat pengalaman Pak Jokowi, di sisi lain budaya paternalis. Ketaatan pada Kiai Ma'ruf itu pas, itu akan membantu di bidang sosial keagamaan," ucapnya.

Sebagai ulama, Kiai Ma'ruf juga menguasai ilmu agama dan hukum Islam. Karena itu, Ganjar yakin itu akan membantu mengatasi serangan-serangan yang menggunakan identitas agama.

"Beliau kalau bicara tenang, menyejukkan. Kalau ndalil tak kira tidak ada yang mengalahkan. Itu sisi yang akan dipakai dalam sebuah diksi politik yang berbau agama, pasti Pak Ma'ruf akan sangat mudah menjelaskan," tuturnya.

Baca juga: Gus Mus Tak Sangka Jokowi Pilih Kiai Maruf Amin Jadi Cawapres

Dalam konferensi pers seusai bertemu ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukungnya di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018), Presiden Jokowi memutuskan cawapresnya.

"Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Jokowi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com