Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emil Dardak Akan Buka Ajang Kumpul Komunitas Se-Indonesia ICD 2018

Kompas.com - 03/08/2018, 18:00 WIB
Amir Sodikin

Editor

MALANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Dardak dijadwalkan menjadi keynote speaker sekaligus pembuka acara dalam ajang Indonesia Community Day (ICD) 2018 yang diselenggarakan oleh Kompasiana di Krida Budaya, Malang, Minggu (5/8/2018).

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Jumat (3/8/2018), disebutkan Emil Dardak akan menyampaikan pandangannya tentang komunitas dan pengalamannya berdialog dengan unit-unit masyarakat sebagai mitra pemerintah.

Ditemui Kompasiana, Emil Dardak menyatakan kesanggupannya hadir di ICD 2018 dan menyebutkan atensinya di bidang pengelolaan komunitas dengan kisah pengalamannya mengelola komunitas di Depok.

"Dulu bikin Depok Community Fest. Bagaimana komunitas-komunitas tersebut jadi bagian dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadi masyarakat Depok bisa merasakan dampak baik dari kehadiran komunitas-komunitas tersebut," katanya saat ditemui Kompasiana di Bandara Soekarno Hatta, pada hari Kamis (19/7/2018) lalu, sesaat sebelum keberangkatannya ke Amerika Serikat untuk berpartisipasi dalam Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018.

Baca juga: Reka Ulang Sejarah Kota Malang Akan Turut Warnai ICD 2018 pada 5 Agustus

Peran serta komunitas, menurut Emil, akan penting pula bagi penerapan programnya di Jawa Timur.

"Kita ada Milenial Job Centre. Program ini harus bisa merekrut mentor-mentor yang siap untuk membina profesi-profesi yang kita sebut sebagai profesi milenial atau profesi masa depan, seperti programmer, event organizer, interior designer atau communication specialist. Orang-orang yang memiliki bakat seperti itu butuh mentor, dan kita perlu merekrut," tuturnya.

Selain itu, Emil berkeinginan merealisasikan Nawa Bhakti Satya. Visi-misi yang dicanangkannya antara lain pendidikan gratis dan berkualitas alias Tis Tas, program kemiskinan yang lebih berpihak kepada masyarakat perdesaan, dan aktivitas kaum perempuan yang disinergikan dengan komunitas.

ICD 2018 sajikan ragam kolaboraksi antarkomunitas. Tema keynote speech dan visi-misi Emil ini selaras dengan tema kegiatan ICD 2018, yakni "Kolaboraksi" yang merupakan akronim dari "kolaborasi" dan "aksi" untuk menyoroti pentingnya kolaborasi antarkomunitas dengan elemen masyarakat lainnya.

Baca juga: Tahun Ini, Ajang Kumpul Komunitas Se-Indonesia Digelar di Kota Malang

Ajang ICD 2018 menyajikan ragam aktivitas bekerjasama dengan komunitas, content creator, dan tokoh ternama. Selama sehari penuh, Anda dapat menikmati workshop, sharing, diskusi, kuliner, hiburan musik, stand up comedy, dan movie screening.

Acara ini diselenggarakan untuk umum, tanpa dipungut biaya. Anda dapat datang langsung ke acara atau mendaftarkan diri terlebih dahulu di http://www.icd.co.id untuk mendapatkan merchandise eksklusif. (Kompasiana/Ibdnu Siena)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com