Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir Pendaftaran Caleg, KPU Jabar Siap Lembur

Kompas.com - 17/07/2018, 14:25 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Proses pendaftaran para calon legislatif di Jawa Barat memasuki hari terakhir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat siap lembur mengingat baru sedikit partai politik yang menyodorkan daftar calegnya.

Dari pantauan Kompas.com, Selasa (17/7/2018) pukul 12.00 WIB, sejumlah parpol terus berdatangan untuk menyodorkan nama untuk memenuhi keterwakilan kursi kader partainya di tingkat legislatif.

Mereka terlihat datang dengan membawa boks berisi ribuan lembar persyaratan para calon.

"Sampai pukul 12.00 WIB KPU Jabar sudah menerima empat parpol. PKB, NasDem, Demkorat dan Perindo. Tentu kita akan menunggu sampai tuntas pukul 24.00 WIB 12 parpol lagi. Apapun kondisinya kita harus siap (lembur)," ujar Komisioner KPU Jabar Bidang Teknis, Endun Abdul Haq.

"KPU Jabar tentu mau tidak mau kita harus menerima mereka dengan baik. Kita sudah menyiapkan tim yang bertanggung jawab melakukan verifikasi," tambahnya.

Baca juga: Hari Terakhir Pendaftaran, Baru 3 Parpol yang Daftarkan Caleg ke KPU Poso

Endun menambahkan, alasan parpol mendaftar di hari terakhir lantaran mengalami kendala, salah satunya dalam penyusunan berkas para caleg.

"Problemnya mereka mengumpulkan syarat bakal caleg yang lama. Karena mereka harus mengumpulkan dari 120 orang total caleg kalau mereka mengajukan 100 persen," tuturnya.

Baca juga: Ini Alasan PSI Daftar di Akhir Penutupan Pendaftaran Caleg

Endun pun mengimbau agar persyaratan para caleg yang diberikan sudah lengkap dan tersusun rapi guna memudahkan dalam urusan verifikasi. Jika belum lengkap, sambung Endun, pihaknya akan memberi waktu perbaikan pada 22-31 Juli 2018.

"Hanya tentu harapan kami, parpol betul harus lengkap dulu (persyaratan). Jadi untuk memudahkan, harus rapi sesuai dengan PKPU," jelasnya.

Kompas TV Tiga hari menjelang penutupan pendaftaran calon legislatif masih belum ada partai politik yang mendaftarkan calon legislatifnya ke KPU.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com