Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumpeng Nasi Kuning untuk Presiden, "Wilujeng Ambal Warso, Pak Jokowi"

Kompas.com - 21/06/2018, 11:11 WIB
Labib Zamani,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo genap berusia 57 tahun pada Kamis (21/6/2018). Ucapan selamat ulang tahun untuk mantan Wali Kota Solo ini pun datang dari berbagai kalangan.

Salah satunya dari para pengusaha, aktivis dan akademisi yang tergabung dalam ormas Projo Nawacita (Pronata) Solo, Jawa Tengah. Mereka menyajikan tumpeng nasi kuning untuk menyemarakkan sekaligus mengucapkan selama ulang tahun kepada Presiden Jokowi.

Baca juga: Senyum Geli Jokowi Saat Gendong Anak Balita Bernama Jokowi di Asmat

Tumpeng nasi kuning tersebut disajikan dalam tampah bambu dilapisi daun pisang lengkap dengan lauk pauk. Ada ayam goreng, irisan timun, cabai merah, telur, serundeng kelapa, perkedal kentang dan sayur kentang.

Sementara di atas tumpeng nasi kuning tersebut tertancap sebuah ucapan "Wilujeng Ambal Warso Pak Jokowi".

Mereka juga menuliskan pesan dan harapan kepada Presiden Jokowi pada sebuah kertas. Pesan dan harapan yang mereka tuliskan pun beragam.

Baca juga: Fakta-fakta Peristiwa Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Salah satunya pesan yang yang dituliskan oleh Agustinus Ari Haryanto (42). Pesan itu berbunyi "Selamat Ulang Tahun Bapak Jokowi" 21 Juni 1961. HUT 57 tahun 2018 "Maju Capres" dan HUT 58 tahun 2019 "Mapan Jadi Presiden Periode 2".

"Tahun 2018 Bapak (Jokowi) ulang tahun ke 57, Bapak maju capres. Tahun 2019 nanti ulang tahun yang ke 58. Artinya 58 itu mapan. Jadi, Bapak mapan menjadi presiden," kata Ari.

Ari berharap, Presiden Jokowi bisa terpilih kembali pada periode 2 Pilpres 2019 mendatang. Selama ini Presiden Jokowi, ujar Ari merupakan pemimpin yang rendah hati dan sederhana.

"Semoga tetap menjadi bagian rakyat kecil yang menyapa, menyentuh bahkan yang menjadi musuh akan menjadi kawan," ungkap dia.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Jip Wisata Merapi Terjun ke Jurang hingga Tewaskan Wisatawan

Ketua DPC Pronata Solo, Baningsih Tedjokartono mengungkapkan, kegiatan peringatan HUT ke 57 Presiden Jokowi tersebut merupakan spontanitas dan sederhana. Kesederhanaan itu tergambar dalam tumpeng nasi kuning yang disajikan.

"Perayaan ini kita gelar secara spontanitas dan sederhana. Namun esensinya adalah doa untuk Bapak Jokowi agar selalu sehat dan bersemangat. Tumpeng ini adalah simbol kesederhanaan yang selalu dilakukan oleh Bapak Jokowi," ucap Baningsih.

Menurut Baningsih, Presiden Jokowi telah memberikan banyak kemajuan terhadap Indonesia. Misalnya, Indonesia sekarang menjadi perhatian dan disegani oleh dunia internasional.

Baca juga: Kronologi Turis Perancis yang Diperkosa Seorang Pria di Labuan Bajo

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah menunjukkan kerja nyatanya terutama dalam mewujudkan program-program nawacita seperti sinergitas TNI/ Polri yang terus diperkuat. Kemudian tata kelola pemerintahan yang bersih serta pembangunan infrastruktur.

"Hasilnya jalan tol dibangun di berbagai pelosok negeri, bandara, pelabuhan juga dibangun di beberapa titik wilayah terpencil di Indonesia," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com