Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Ajak Pemuda Se-Asia Melihat Toleransi Beragama Saat Peringatan Waisak

Kompas.com - 29/05/2018, 16:10 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com – Puluhan pemuda dan pemudi Buddha perwakilan dari negara-neraga Asia ikut menyemarakkan peringatan Tri Suci Waisak 2562 BE/2018, di pelataran Candi Mendut, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (29/5/2018).

Kedatangan mereka dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang juga sedang menyelenggarakan International Conference on ASEAN Buddhists Youth (ICABY) di Yogyakarta.

Imam Nahrawi menjelaskan Waisak menjadi momentum penting untuk membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang penuh perdamaian, toleransi, meski dalam keberagaman.

“Kita undang para pemuda/pemudi se-Asia untuk melihat langsung, dari Waisak ini, dibuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang damai dan bertoleransi,” kata Imam, disela-sela kegiatan.

Baca juga: 34 Warga Binaan Lapas Barelang Terima Remisi Perayaan Waisak

“Toleransi ini betul-betul disampaikan ke dunia lewat tangan dan hati mereka,” imbuhnya.

Peserta kegiatan ICABY terdiri dari pemuda-pemudi Buddha yang berasal dari ASEAN dan 15 negara non ASEAN seperti Jepang, Afghanistan, India, Tajikistan, Azerbaijan, Madagaskar, Korea Selatan, Kazakhstan, Pakistan, Turki, Ukraina, Algeria, Bangladesh, Polandia, dan Slovakia.

Imam menyatakan perdamaian ini merupakan karunia Tuhan yang harus dikawal oleh para pemuda-pemudi dan para aktivis agama. Indonesia memiliki keajaiban dunia yang menjadi ketakjuban dunia bernama Candi Borobudur. Di sini umat Buddha bisa beribadah dengan tenang dan damai.

“Kalau ingin belajar perdamaian, datanglah ke Indonesia. Keberagaman apapun ada di sini, tapi tetap satu bendera merah putih, di bawah panji-panji Pancasila,” ujarnya.

Baca juga: Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Borobudur Sedot Perhatian Masyarakat

Menurutnya pemerintah mengapresiasi kegiatan Waisak yang diselenggarakan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan umat Buddha di Candi Mendut dan Candi Borobudur ini.

Pada kesempatan tersebut, Imam memohon kepada umat Buddha untuk mendoakan agar Indonesia sukses menyelenggarakan ASEAN Games, Agustus 2018 mendatang.

Selain itu, untuk atlet-atlet Indonesia yang akan berjuang agar bisa meraih prestasi setinggi-tingginya.

“Kami minta doa umat Buddha pada Waisak ini agar Indonesia memberi kabar terindah, berprestasi, mendapat medali terbanyak,” tuturnya.

Imam Nahrowi juga berkesempatan melepas kirab Waisak yang diikuti oleh para Biksu, mobil hias yang membawa relik-relik Buddha, api dharam dan air berkah, dan ribuan umat Buddha. Rute kirab dari Candi Mendut ke Candi Borobudur yang berjarak sekitar 4-5 kilometer. 

Kompas TV Sejumlah umat Buddha di Surabaya, Jawa Timur, mengikuti ibadah kebaktian peringatan Hari Waisak di Maha Wihara Buddha Maitreya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com