Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Ramadhan, PMI Galang Pendonor Darah di Masjid

Kompas.com - 23/05/2018, 06:11 WIB
Raja Umar,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Selama bulan Ramdahan, kegiatan donor darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh dilakukan pada malam hari.

Petugas PMI mendatangi langsung para pendonor ke sejumlah masjid secara bergantian setiap malamnya. 

“Selama bulan puasa, donor darah kita lakukan pada malam hari dengan mendatangi langsung pendonor di masjid yang ada di Kota Banda Aceh,” kata Egie Helpatrama, Petugas PMI Kota Banda Aceh, Selasa (22/5/2018).

Menurut Egie Helpatrama, sejak memasuki malam pertama Ramadhan, kegiatan donor darah dilakukan setiap malam seusai Shalat Tarawih.

Baca juga: Ramadhan, Anggota Klub Motor di Ungaran Berubah Jadi Petugas Sahur

 

Kegiatan dimulai sekitar pukul 22.00-00.00 WIB yang tersebar di tiga titik masjid di Kota Banda Aceh.

“Setiap malam ada tiga titik lokasi donor darah yang kami lakukan, alhamdulillah semua lokasi mendapat respons, warga sangat antusias untuk donor," bebernya.

Egie menjelaskan, kegiatan tersebut berhasil megumpulkan rata-rata 20-25 kantong darah per malam.

Baihaki (34), salah satu pendonor warga Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh menganggap, mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkan pada bulan Ramadhan, bagian dari ibadah.

“Saya senang bisa mendonorkan darah saya kepada orang yang membutuhkan. Apalagi petugas PMI sudah mendatangkan mobil donor darah ke masjid usai tarawih, dan ini merupakan ibadah,” tutupnya.

Kompas TV Keberadaan Modest Wear atau busana santun di Indonesia bukan hanya sebagai bentuk ketaatan Muslimah terhadap syariat Islam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com