Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buru Dua Tahanan Rutan yang Kabur, Polres Karimun Jaga Semua Pelabuhan

Kompas.com - 21/04/2018, 15:45 WIB
Hadi Maulana,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Polres Karimun masih melakukan pengejaran terhadap Zahar dan Sugianto, dua tahanan Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun yang berhasil melarikan diri.

Bahkan untuk memperkecil gerak kedua tahanan tersebut, Polres Karimun memerintahkan seluruh polsek yang ada di wilayah hukumnya untuk mengawasi dan berjaga di seluruh pelabuhan rakyat dan pelabuhan tidak resmi yang ada di sana.

"Untuk Polres sendiri kami kerahkan 10 personil, yang merupakan personil dari narkoba dan reskrim. Sedangkan untuk yang di polsek, saya kerahkan untuk mengawasi dan menjaga seluruh pelabuhan yang ada di Karimun," kata Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya, Sabtu (21/4/2018).

Baca juga : 16 Tahanan Kabur, Menkumham Sebut Satu Petugas Jaga 105 Orang

Hengky mengatakan, dari dua tahanan yang masih buron tersebut, satu di antaranya berstatus tahanan polres. Sedangkan satunya lagi merupakan tahanan kejaksaan.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait, untuk mengejar dan menangkap kembali dua tahanan rutan yang berhasil kabur tersebut," ujar Hengky.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Eri Erawan mengatakan, dari hasil pemeriksaan terhadap dua tahanan lain yang berhasil ditangkap, yang mengotaki pelarian tahanan ini adalah Zahar.

Baca juga : 8 Tahanan Kabur, Kepala Tahanan Polres Jakbar Diganti

"Zahar yang merencanakan semua ini, dari pengakuan dua tahanan yang berhasil diamankan tersebut," kata Eri.

Dari hasil olah TKP, petugas menemukan sejumlah barang yang dipergunakan keempat tahanan ini untuk kabur, di antaranya yakni gergaji, sendok stainlees yang ujungnya sudah ditajamkan, dan sarung.

"Untuk kedua tahanan yang sudah ditangkap kembali, kami masukan ke sel khusus. Dan untuk dua tahanan yang masih kabur, terus kami lakukan pengejaran bersama Polres Karimun," ujar Eri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com