Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Pesta Diskon di Palembang pada Bulan Agustus

Kompas.com - 05/04/2018, 16:00 WIB
Aji YK Putra,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata akan menggelar pesta diskon di seluruh mal perbelanjaan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Agustus 2018.

Diskon besar-besaran yang dinamakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) itu bertujuan menggaet para wisatawan untuk datang ke Bumi Sriwijaya.

Pesta diskon ini digelar bersamaan dengan rangkaian pelaksanaan Asian Games yang dimulai pada (18/8/2018).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dalam gelaran acara HBDI nanti, pemerintah bekerja sama dengan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo). Selain Palembang, acara HBDI juga akan digelar di Jakarta.

"Kami laksanakan di dua tempat, yakni Palembang dan Jakarta. Karena di sini juga menjadi tuan rumah Asian Games. Selain itu, bisa mengenalkan khas-khas yang ada di Palembang," kata Arief saat menghadiri acara Rakernas Persatuan Hotel PHRI di Palembang, Kamis (5/4/2018).

Selain itu, acara HBDI juga digelar sekaligus untuk mempromosikan kerajinan khas Sumsel seperti kain songket dan destinasi pariwisata yang ada di Palembang, sepeti Pulau Kemaro dan Benteng Kuto Besak (BKB).

Arief menjelaskan, program HBDI itu pun harus didukung oleh pemerintah daerah untuk memaksimalkan acara tersebut.

"Sudah saya minta kepada Kepala Dinas Pariwisata Sumsel untuk mempersiapkan sebaik mungkin. Ini potensinya besar untuk menggaet wisatawan mancanegara yang ada di sini," ujar Arief.

Sport Tourism yang menjadi ikon Sumatera Selatan saat ini, lanjut dia, merupakan poin penting untuk mendongkrak para wisatawan mancanegara berkunjung ke Palembang.

"Kalender event di Sumsel ini berkelanjutan, bukan Asian Games saja. Tapi banyak event-event yang lain akan diselenggarakan di sini. Jelas itu potensi," ungkapnya.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menambahkan, mereka akan mendukung pagelaran HBDI pada Asian Games nanti.

"Kami siap untuk menjadi tuan rumah HBDI. Pada Asian Games nanti, ada 6.110 kamar hotel yang disiapkan. Ditambah tiga hotel baru, ini di luar wisma dan base house. Kami yakin, atlit, tim ofisial dan suporter bisa ditampung semua," ujar Alex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com