Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obor Paskah 2018 Melintas di Poso

Kompas.com - 24/03/2018, 12:41 WIB
Mansur,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

POSO KOMPAS.com - Rombongan Kirab Obor Paskah Nasional yang dilaksanakan untuk memeringati kematian dan kebangkitan Isa Almasih atau disebut Hari Paskah melintasi wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Penyambutan obor Paskah secara simbolik diserahkan langsung oleh Ketua Paskah Nasional Pendeta Separt Supit kepada Bupati Poso Darmin Sigilipu di halaman kantor bupati, Jumat (23/3/2018).

Dalam sambutannya, Pendeta Separt mengatakan, perayaan Paskah 2018 akan mengusung tema Karya Besar. Rombongan obor Paskah sudah melintasi sejumlah wilayah, seperti Kabupaten Tondano, Tomohon, Amurang, lalu ke Gorontalo, Manado, Palu, Poso, dan Tentena.

Menurut dia, setelah lepas dari Tentena, Kabupaten Poso, obor Paskah selanjutnya akan dibawa menuju Tanah Toraja dan Kota Makassar serta wilayah lain dan akan berakhir dalam acara puncak di Danau Toba, Sumatera Utara, 28 April 2018 mendatang.

Pendeta Separt mengatakan, Poso dipilih sebagai salah satu titik dalam rute obor Paskah adalah untuk menegaskan bahwa situasi keamanan Poso yang sebelumnya terkesan menakutkan, tidaklah demikian.

Setelah tiba di Poso, lanjut dia, rombongan melihat Kota Poso penuh kedamaian dan bersih. Warga, lanjut dia, juga menyambut gembira adanya kirab obor Paskah dan mereka juga diterima dengan baik oleh Pemda setempat.

"Saya pertama mau ke Poso ini, terbayang peristiwa. Namun ketika sampai di Poso ternyata aman dan damai. Ini membuktikan bahwa Poso yang didengar kurang aman, ternyata aman dan penuh kedamaian," ungkap Pendeta Separt.

Di tempat yang sama, Bupati Poso berterima kasih kepada panitia obor Paskah yang memberikan kesempatan dan menunjuk Poso serta Tentena sebagai rute kirab obor paskah.

Darmin menegaskan, dirinya bersama seluruh warga Poso bersama beberapa unsur OPD Pemda Poso menyambut baik kegiatan tersebut.

"Saya sangat berterima kasih kepada panitia obor Paskah, khususnya rombongan yang melewati Kabupaten Poso. Semoga saja ini akan membawa kabar baik hingga tingkat nasional kalau Poso sudah aman dan kondusif," ungkap Darmin.

Acara penyambutan obor Paskah itu, diakhiri dengan acara makan bersama dan selanjutnya Darmin melepas rombongan menuju Tentena, tepat pada pukul 12.00 Wita dengan pengawalan Satlantas Polres Poso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com