Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Istri Saya Baru Saja Meninggal dan Sekarang Rumah Rusak Parah"

Kompas.com - 01/02/2018, 18:39 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Hujan deras sejak Rabu hingga Kamis, (1/2/2018) menyebabkan tiga rumah warga di Desa Lembah Sari, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, ambrol karena longsor dan labilnya tanah.

Rumah yang ambrol milik Ismail, Sajidin dan Rusman. Bencana itu terjadi sekitar pukul 03.30 Wita, atau menjelang subuh sehingga warga sudah bangun.

“Awalnya kan hujan sangat deras, di depan rumah saya sudah seperti sungai, dan tiba-tiba ada suara gemuruh, dan rumah bagian belakang saya ambrol, jatuh semua. Tempat tidur di kamar jatuh semua. Tembok-tembok jatuh,” kata Ismail sambil memeluk putrinya yang masih berusia 2 tahun.

Ismail mengatakan dia dan tiga anaknya tengah berada di ruang depan sehingga selamat dari rumahnya yang ambrol.

“Istri saya baru saja meninggal, dan sekarang rumah saya rusak parah,” katanya sedih.

Baca juga : Pembersihan Material Longsor di Trenggalek Terkendala Kabut Tebal

Rumah Ismail dan dua warga lainnya dipasangi garis polisi karena masih berbahaya untuk ditinggali mengingat tanah di lokasi itu masih sangat labil.

Jamiludin, warga yang rumahnya aman dari longsor, mengatakan sangat terkejut saat kejadian. Namun karena Jamiluddin seorang marbot masjid, dia bisa mengumumkan bencana itu langsung agar warga menolong korban dan waspada jika terjadi longsor susulan.

“Saya umumkan lewat masjid agar waspasa longsor susulan,” kata Jamiludin.

Lembah Sari merupakan tanah berbukit. Warga banyak yang membangun rumah di tanah-tanah labih dan berada di ketinggian. Ketika hujan turun, tak ada pohon yang menahan derasnya air. Maka air seperti tumpah ke bawah menerjang rumah-rumah warga.

“Yang kita khawatirkan air dari atas, sementara tanah di sini berpasir dan labil. Rumah saya aman karena ada di bawah, tapi warga lainnya?“ kata Marhudi, warga setempat.

Baca juga : Hati Fauzi Hancur, Ayah Ibu Tewas di Longsor Bali, Rencana Nikah Pun Buyar

Kabid Linmas Lombok Barat, Candra Prayuda mengatakan, dua regu Satuan Polisi Pamong Praja (Satppol PP) Lombok Barat langsung diterjunkan ke tempat longsor dan membantu warga membersihkan sisa-sisa longsor dan reruntuhan rumah korban.

“Kita juga bawakan makanan untuk mereka karena tertimpa musibah. Ini juga kami koordinasi dengan kepala desa untuk antisipasi kemungkinan longsor susulan jika hujan turun,” kata Candra.

Kompas TV Hal ini dikarenakan hujan yang terjadi sejak Sabtu, 13 Januari pagi hingga malam hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com