Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang Landa Wilayah Bima, Rumah Warga Rusak dan Jalan Lumpuh

Kompas.com - 29/01/2018, 12:19 WIB
Syarifudin

Penulis

BIMA, KOMPAS.com - Angin kencang melanda wilayah Bima, NTB, Senin (29/1/2018). Bencana yang terjadi sejak Minggu (28/1/2018) sore hingga saat ini mengakibatkan rumah warga rusak tertimpa pohon.

Selain itu, ruas jalan lumpuh karena tertutup pohon tumbang serta tanaman jagung warga tumbang disapu angin.

Kepala Seksi Penanganan Kedaruratan BPBD Bima, Bambang Hermawan, mengungkapkan, angin kencang melanda semua kecamatan di kabupaten sejak minggu sore.

"Angin kencang menyertai hujan dengan intensitas ringan terjadi sejak Minggu sore sampai siang ini. Berdasarkan laporan sementara, ada pohon yang roboh dan menimpa sejumlah rumah warga di Desa Kala, Kecamatan Donggo," kata Bambang.

Selain menimpa rumah warga, sejumlah pohon yang roboh juga menutup jalan desa. Akibatnya, warga harus bahu-membahu untuk membersihkan pohon tumbang di ruas jalan itu agar kendaraan bisa lewat.

Baca juga: Angin Kencang Terjang Makassar, 9 Pohon Tumbang, 8 Rumah Rusak

Sementara itu, petugas BPBD setempat telah dikerahkan ke seluruh wilayah yang dilanda angin kencang untuk mengevakuasi warga sembari melakukan pendataan.

"Kami dari BPBD bersama tim reaksi cepat sedang turun ke lokasi yang terdampak bencana angin kencang," ujar Bambang.

Pantauan Kompas.com, bencana angin kencang hingga pagi jelang siang ini terus melanda wilayah Bima.

Meski angin kencang merusak rumah warga, belum terlihat ada gelombang pengungsian. Namun, sebagian warga memilih bertahan di kolong rumah mereka.

Kompas TV Puting beliung menerjang permukiman warga di kawasan Lereng Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur. Belasan rumah warga rusak dan sejumlah pohon tumbang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com