Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Last Minute", Rohadi-Ida Daftar di Pilkada Karanganyar

Kompas.com - 18/01/2018, 14:17 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pasangan calon Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih resmi mendaftar di hari terakhir perpanjangan waktu pendaftaran, Rabu (17/1/2018). Pilkada Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pun akhirnya diisi dua pasang calon.

Perpanjangan pendaftaran dilakukan karena sebelumnya hanya ada calon tunggal. Perpanjangan dimulai tanggal 15 Januari 2018 sampai 17 Januari 2018.

"Perpanjangan di Karanganyar, alhamdullilah dapat 1 pasang calon lagi. Jadi total ada 24 paslon di Pilkada di Jateng," kata ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jateng Joko Purnomo, di Semarang, Kamis (18/1/2018).

Dengan demikian ada dua pasangan calon yang berpartisipasi. Keduanya yaitu Juliyatmono-Rober Christanto yang didukung koalisi PDI-P, PPP, Hanura, PAN, PKB, Demokrat dan Golkar dan Rohadi Widodo-Ida Retno yang didukung PKS dan Gerindra.

Joko menerangkan, untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Karanganyar butuh 9 kursi di DPRD. Di detik terakhir ternyata ada satu partai yang sebelumnya bergabung di dalam koalisi Juliyatmono keluar untuk mendukung pasangan Rohadi-Ida.

Pasangan Rohadi-Ida pun mendapat tiket dukungan dengan 10 kursi di DPRD Karanganyar. 10 kursi itu yaitu 6 dari PKS dan 4 dari Gerindra.

"Total kursinya 10 kursi. Pemenuhan kursinya cukup. Pencalonan minimal 9 kursi," tambah Joko.

Rohadi saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Karanganyar. Sementara Juliyatmono saat ini sebagai bupati.

Setelah mendaftar di hari terkahir, kedua pasangan saat ini pun melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan dilakukan di RS Dr Moewardi Solo.

"Dari rumah sakit sudah kontak, kedua pasangan calon hari ini sudah mulai menjalani tes kesehatan," imbuhnya. (K93-14)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com