Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Pilkada NTB, Suhaili-Amin Siap Lawan Narkoba dan Politik Uang

Kompas.com - 09/01/2018, 06:49 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur NTB, Suhaili dan Muhammad Amin, yang diusung Partai Golkar, Nasdem, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB, Senin (8/1/2018) sore di Mataram. 

Mereka mendaftar setelah pasangan Ali bin Dachlan-Gede Sakti (Ali-Sakti) melakukan pendaftaran pada pagi harinya. Pendaftaran itu berjalan lancar, KPU menerima formulir pendaftaran pasangan ini dan akan mengecek kelengkapannya.

Dalam kesempatan menjawab pertanyaan wartawan, Suhaili dan Amin menyatakan siap melawan politik uang dan narkoba. Amin, bakal calon wakil gubernur NTB petahana, mengatakan bahwa aturan soal politik uang sudah jelas.

“Kita tidak boleh main politik uang, itu aturannya sudah jelas, dan itu sudah menjadi komitmen kami berdua untuk tidak melakukannya,” ujar dia.

Baca juga: Kapolda NTB: Pilih Pemimpin yang Tanpa Bayar

Sementara Suhaili, yang juga Bupati Lombok Tengah, menyatakan perang terhadap narkoba. Suhaili mengakui bahwa selama ini banyak yang mencurigai dirinya menggunakan narkoba. Dia bahkan menuturkan, saat Badan Narkotika Nasional (BNN) NTB melakukan tes urine terhadap dirinya karena permintaan Suhaili sendiri.

“Ketika air kencing saya diambil, saya mengawalinya dengan sumpah menurut agama dan keyakinan saya sendiri, Wallahi, Wabillahi Watallahi. Insya Allah ini menjadi komitmen kami berdua melawan dan kita harus perangi narkoba, karena ini adalah penyakit masyarakat dan sangat berbahaya,” kata dia.

Saat ditanya apakah dia siap melakukan tes DNA untuk memastikan dirinya bersih dari narkoba, Suhaili tertahan sesaat dan menyatakan siap menjalani tes DNA.

“Siap, kapan saja,” ucap dia.

Mengenai politik uang, Suhaili juga sepakat untuk memenangi pilkada tanpa politik uang.

Kompas TV "Perang Bintang" menjadi salah satu fenomena di Pilkada Serentak 2018 ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com