Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PDI-P Umumkan Jagoan pada Pilkada di 7 Kabupaten/Kota di Jateng, Inilah Mereka...

Kompas.com - 08/01/2018, 07:51 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) akhirnya merekomendasikan tujuh pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati atau bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk berkompetisi pada Pilkada Serentak 2018.

Pengumuman tujuh pasangan calon ini dilakukan pada Minggu (7/1/2018) malam di kantor DPD PDI-P Jateng, Jalan Brigjen Katamso, Kota Semarang. Pengumuman secara resmi dibacakan Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI-P Jateng Bambang Hariyanto.

Bambang mengatakan, pasangan calon di setiap daerah disesuaikan dengan peta politik di daerah pemilihan. PDI-P pun di beberapa daerah mengusung pasangan calon dengan koalisi hingga di satu daerah memantapkan mengusung pasangan calon sendirian.

"Setiap daerah punya strategi lokal. Di Tegal diputuskan mengusung (pasangan calon) sendiri," ujar Bambang, Minggu malam.

Ya, di Kota Tegal, PDI-P memutuskan mengusung pasangan sendiri, yaitu Herujitno dan KRT Sugono Adinagoro. Sementara di enam daerah lain diputuskan berkoalisi dengan partai lain.

Baca juga: Akankah Kemesraan PDI-P dan Demokrat di Pilkada 2018 Berlanjut hingga 2019?

Sebagian besar rekomendasi dari PDI-P ini mengusung bupati petahana untuk dicalonkan kembali pada periode kedua.

Berikut tujuh pasangan calon yang diusung PDI-P:

1. Kabupaten Kudus mengusung Ketua DPRD Kudus Masan dan Sekda Kabupaten Kudus Noor Yasin. Koalisi itu didukung PDI-P, Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN.

2. Kabupaten Karanganyar mengusung bupati petahana Juliyatmono dan Rober Christanto. Paslon itu diusung PDI-P, PKB, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, Partai Hanura, dan PPP.

3. Kabupaten Magelang mengusung Zaenal Arifin. Namun, wakilnya adalah Edi Cahyono. Koalisi itu diusung PDI-P, PKB, PPP, PAN, dan Partai Demokrat.

4, Kabupaten Temanggung mengusung bupati petahana Bambang Sukarno dan dipasangkan dengan Matoha. Pasangan ini diusung PDI-P dan PKB.

5. Kabupaten Banyumas mengusung bupati petahana Achmad Husein. Wakilnya direkomendasikan Sadewo Tri Lastiono. Pasangan itu diusung PDI-P, Partai Demokrat, dan Nasdem.

6. Kabupaten Tegal mengusung Haron Bagas Prakosa dan Drajat Adi Prayitno. Koalisi ini diusung PDI-P, Partai Demokrat, dan Nasdem.

7. Sementara di Kota Tegal, PDI-P mengusulkan Herujitno dan KRT Sugono Adinagoro.

Kompas TV PDI Perjuangan, Minggu (7/1) siang, mengumumkan lima pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com