Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Garut, Petahana Rudy-Helmi Deklarasikan Diri Maju Lagi

Kompas.com - 06/01/2018, 16:14 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Bupati dan Wakil Bupati Garut, Rudy Gunawan dan Helmi Budiman, dipastikan kembali berpasangan dalam Pilkada Garut 2018. Keduanya diusung PKS, Gerindra, dan Nasdem.

Deklarasi pasangan petahana ini berlangsung Sabtu (6/01/2017) di Garut, Jawa Barat.

Ketua DPC Gerindra Kabupaten Garut Enan mengatakan, deklarasi ini sekaligus mengklarifikasi kabar yang menyebutkan bahwa Gerindra akan mengusun calon lain. 

Di tempat yang sama, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Garut Tubagus Hamzah menyatakan ada upaya menghalangi Nasdem mengusung pasangan Rudy-Helmi.

Namun, melalui proses politik yang berliku akhirnya surat rekomendasi untuk mengusung pasangan petahana akhirnya turun juga.

Rudy menyampaikan, Nasdem adalah partai terakhir yang memberikan dukungan pada dirinya dan Helmi. Dukungan Nasdem baru diserahkan pada Jumat (5/1/2018). 

"(Menurut survei) dari 85 persen warga Garut yang ditanya puas tidaknya, 66 persen diantaranya menyatakan puas atas kepemimpinan Rudy-Helmi. Makanya, Nasdem mendukung tanpa mahar," kata Rudy.

Karena kembali mencalonkan diri, Rudy dan Helmi akan non-aktif sebagai bupati dan wakil bupati terhitung 15 Januari mendatang.

Hingga saat ini sudah dua pasangan calon dipastikan maju dalam Pilkada Garut. Selain pasangan petahana, pasangan lainnya adalah mantan Bupati Garut Agus Hamdani yang maju bersama Aditya Pradana Wicaksana. Pasangan ini diusung PPP dan PAN.

Sementara, koalisi Demokrat-PKB dikabarkan akan mengusung mantan Bupati Garut Agus Supriadi yang berpasangan dengan Komisaris PT Wika Imas Aan Ubudiyah.

Tiga partai lainnya yaitu Golkar, Hanura, dan PDI-P belum mencapai kesepakatan koalisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com