Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal PKS dan PAN, Demokrat Jalin Koalisi dengan Golkar di Pilkada Jabar

Kompas.com - 27/12/2017, 21:58 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah Partai Gerindra, PKS dan PAN mengumumkan pengusungan pasangan Mayjen (Purn) Sudrajat -Ahmad Syaikhu sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Partai Demokrat mengambil langkah cepat dengan menerima pinangan Partai Golkar untuk menjalin koalisi dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Dedi Mulyadi mengatakan, komunikasi yang dijalin dengan Partai Demokrat terbilang singkat. Menurut dia, setelah hari ini, Rabu (27/12/2017), DPP Partai Golkar yang diwakili oleh Nusron Wahid memberikan SK pengusungan sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018, selepas ashar langsung terjalin kesepakatan antara Partai Golkar dengan Partai Demokrat untuk berkoalisi.

“Dalam SK saya diminta untuk mencari partai koalisi sampai tanggal 2 Januari. Sore ini saya bertemu ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat untuk merajut kisah cinta di Jawa Barat yang tertunda. Alhamdulillah ketemu kesepemahamannya (koalisi) dalam waktu setengah jam saja,” kata Dedi saat ditemui seusai konferensi pers di salah satu rumah makan di Jalan Dr Djundjunan, Kota Bandung, Rabu malam.

Lebih lanjut Dedi menambahkan, koalisi dengan Partai Demokrat yang dijalin di tingkat provinsi telah dilaporkan kepada pengurus tingkat pusat.

“Tinggal kita sampaikan ke ketua umum masing-masing,” kata bupati Purwakarta ini.

Baca juga : Golkar Resmi Usung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar 2018

Dedi optimistis koalisi antara Partai Golkar dan Partai Demokrat akan tetap bertahan hingga pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU pada tanggal 8, 9, 10 Januari 2017 mendatang.

“Barangkali Partai Demoktat dan Golkar berjodoh menghadapi Pilkada Jawa Barat 2018,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Irfan Suryanegara menambahkan, koalisi dengan Partai Golkar di Pilkada Jawa Barat akan secepatnya dilaporkan ke pimpinan pusat.

“Kami sepakat dengan Partai Golkar seperti disampaikan Pak Dedi untuk brsama-sama mengarungi perpolitikan di Jawa Barat. Kami akan segera melaporkan ke DPP dan kami memohon doa dari masyarakat, mudah-mudahan kebersamaan Golkar dan Demokrat jadi pilihan baru untuk masyarakat Jawa Barat,” tandasnya.

Baca juga : Jabar Penuh Kejutan, Demokrat Yakin Deddy Mizwar Ungguli Ridwan Kamil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com